Update Canon EOS R dan RP, Tingkatkan Autofocus dan Firmware Baru

Kabar gembira bagi penggemar kamera Canon. Sebab beberapa waktu lalu, Canon EOS R dan RP mendapat update AF dan firmware baru.

Canon EOS R dan RP memang telah resmi dirilis. Kedua kamera ini telah dibekali kemampuan pelacak wajah dan deteksi mata autofokus (AF).

Sayangnya, ketika digunakan sistem AF pada EOS R dan RP tidak cukup baik. Selain itu, fitur ini tidak bisa mengimbangi kinerja dari full-frame mirrorless shooter dari Sony dan Panasonic.

Untungnya Canon cepat tanggap dalam merespon keluhan pelanggan. Oleh sebab itu, perusahaan ini melakukan update pada Canon EOS R dan RP.

Seperti Apa Update Canon EOS R dan RP?

Canon telah merilis pembaruan firmware bagi kedua kamera tersebut. EOS R mendapat pembaruan firmware 1.4.0, sedangkan EOS RP adalah 1.3.0.

Selain itu, Canon juga memberikan pelacak wajah AF serta pendeteksi mata. Tentunya, ini adalah peningkatan cukup signifikan yang dilakukan Canon.

Dalam pembaruan ini, kedua memiliki kemampuan untuk mengunci wajah dan mata subjek. Sementara itu, kemampuan ini bisa dilakukan dari jarak jauh.

Sayangnya, Canon tidak memberikan informasi lengkap tentang kemampuan tersebut. Jadi kami belum bisa mengetahui seberapa jauh kemampuan lock face EOS R dan RP.

EOS R dan RP saat ini telah dibekali kemampuan fokus dan melacak subjek kecil. Dengan begitu, kalian bisa mengikuti pergerakan hewan atau kendaraan lewat dengan mudah.

Apa Ada Peningkatan Lain?

Sebelumnya, pengguna mengeluh tentang jeda yang cukup lama antara sistem AF ke subjek. Sementara jeda lain terdapat pada blue focus box di jendela bidik.

Pembaruan kali ini juga mengatasi masalah di atas. Canon telah berjanji bahwa lag di EOS R dan RP kini sudah mulai berkurang.

Dalam kasus Canon EOS R, sebelumnya terdapat bug dalam frame AF mode Servo. Namun kini bug telah diperbaiki, dan pengguna bisa mengubah frame AF dari kecil ke โ€˜normalโ€™ sesuai situasi.

Sementara untuk EOS RP, ikon main dial tidak muncul ketika kalian menekan tombol zoom in/out saat gambar diputar. Sebagai gantinya, kalian bisa menemukan ikon ini di panel review di LCD belakang.

Ketersediaan

Saat ini firmware Canon terbaru untuk EOS R dan RP baru tersedia di beberapa wilayah. Pembaruan bisa baru bisa diakses di sistus Canon Australia, Jepang, Meksiko dan Prancis.

Sementara situs Canon AS dan Inggris saat ini belum merilis pembaruan. Pengguna Canon Indonesia tidak perlu khawatir, sebab pembaruan ini tetap akan dirilis secara global.