Update Terbaru Samsung Internet Bisa Pindah Address Bar ke Bawah

Indri Penulis

Samsung Internet tengah menguji versi beta terbaru. Nantinya Samsung Internet bakal bisa pindah address bar ke bawah mirip Apple.

Sebagai pengguna ponsel Samsung, kamu pasti sudah nggak asing dengan Samsung Internet kan? Nggak cuma sekedar browser bawaan Samsung, tapi Samsung Internet adalah salah satu browser Android terbaik.

Bukan tanpa alasan, mengingat browser ini punya pemblokir iklan bawaan. Nggak cuma itu, Samsung Internet juga sering di-update agar lebih bagus. Misalnya dalam update terakhir, Samsung menghadirkan peningkatan pengalaman pencarian, dukungan halaman, dll, ke browser ini.

Nah baru-baru ini, Samsung kabarnya juga tengah menguji coba Samsung Internet 16.0.2 beta. Rumornya lewat uji coba beta tersebut, address bar / URL bar bisa dipindah ke bawah. Jadi bisa lebih mudah dijangkau pengguna deh.

Dilansir dari XDA-Developers, rupanya ini adalah mode opsional yang bisa diaktifkan lewat pengaturan browser. Jadi itu terserah pengguna Samsung Internet, mau mengaktifkan mode ini atau nggak.

Sebenarnya ini cukup unik ya. Mode ini mirip banget sama yang ada di browser Safari iPhone iOS 15. Padahal dulu waktu Apple pertama kali bikin trobosan semacam ini, mereka sempat kena semprot sama netizen gara-gara tampilannya jadi aneh lho.

Tapi sepertinya Samsung cukup menyukai trobosan itu. Ya bisa kamu lihat dalam tampilan uji coba beta yang ada di atas. Cara kerjanya mirip sama yang ada di Safari kan?

Sementara itu, Apple bukanlah yang pertama mencetuskan ide address bar di bawah layar. Dulu di tahun 2016, Google sudah pernah mencoba hal yang serupa di Chrome. Cuma gara-gara dapat komentar negatif dari penggunanya, Google memutuskan untuk nggak merilis mode tersebut.

Lalu apakah ada browser lain yang menganut ide address bar di bawah layar? Ada kok. Kamu bisa lihat di browser Firefox Android dan Kiwi Browser Android.

Oke kita kembali lagi ke Samsung Internet 16.0.2. Sebab masih ada beberapa fitur penting yang diuji dalam beta tersebut, contohnya seperti dukungan untuk grup tab.

Lewat dukungan ini, nanti kamu bisa menyimpan beberapa tab terkait sekaligus. Menariknya kamu juga bisa mengganti nama, mengedit, atau menghapus grub tab-mu lho (mirip banget sama yang ada di browser Safari iPhone di iOS 15).

Update penting lainnya adalah dukungan untuk peningkatan HTTPS, yang diluncurkan sebagai fitur Labs. Fitur ini mirip banget sama mode HTTPS-First yang ada di Chrome. Jadi saat diaktifkan, fitur ini bakal otomatis mencoba memutakhirkan semua halaman web ke HTTPS.

Sumber : XDA-Developers

Lalu yang terakhir, Samsung Internet 16.0.2 beta telah menambahkan dukungan pengalaman yang lebih baik buat ponsel lipat, contohnya seperti Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Z Flip 3.

Apa dukungannya? Ada Device Posture API. API saat ini masih tersembunyi di balik flag dan bisa diaktifkan dengan mengunjungi https://internet:flags. Rencananya Samsung ingin mengimplementasikan API sepenuhnya saat mereka merilis update versi stabil.

Oya, Samsung Internet 16.0.2 beta saat ini telah diluncurkan di Google Play Store dan Galaxy Store. Sedangkan update versi stabil akan rilis beberapa minggu lagi.

    %d blogger menyukai ini: