Update Beta Terbaru Telegram: Bisa Berbagi Layar dan Video dalam Grup

Lewat update beta terbarunya, Telegram resmi meluncurkan fitur baru untuk berbagi layar dan video ke obrolan suara grup.

Setelah sebelumnya (April 2021) sempat merilis fitur Payment 2.0, voice chat terjadwal, dll, kini Telegram kembali menghadirkan fitur baru, hanya saja masih dalam saluran beta.

Melalui Telegram v7.8 (update beta terbaru saat ini), kita dapat menyiarkan video atau berbagi layar ponsel selama panggilan suara grup.

Untuk mencoba fitur ini dalam rilis beta, kamu perlu mengganti nama obrolan dan menyisipkan “#vid” ke namanya. Selanjutnya, ketuklah tombol menu (titik tiga) yang ada di grup. Setelah itu kamu akan melihat sebuah opsi baru untuk mulai merekam/berbagi layar.

Sebenarnya fitur ini bisa dipakai dalam grup mana pun. Tapi anggota grup yang nggak kebagian rilis beta tak akan melihat siaran video/layar yang kamu bagikan. Sebagai gantinya, mereka hanya akan mendengar audio-nya saja.

telegram berbagi layar
Sumber : Android Police

Oya selain dua fitur di atas, Telegram v7.8 beta juga menyajikan beberapa perbaikan kecil lho. Kamu bisa menemukannya di background obrolan.

Saat ini, background obrolan telah dianimasikan. Warnanya pun bakal berubah saat kamu mengetik pesan (cocok buat kamu yang suka animasi, tapi pasti bakal bikin kepala pusing buat yang nggak terbiasa dengannya).

Untuk mengatur background agar gradien warnanya selaras, kamu bisa pergi ke menu background yang ada di pengaturan tampilan. Nah di sana, kamu tinggal pilih salah satu background berwarna-warni dan ketuk tombol warna untuk menambah efek gradien.

Seperti yang kami sebutkan di atas, semua fitur-fitur anyar itu baru tersedia di saluran beta. Jadi tak semua pengguna Telegram dapat menikmatinya. Telegram sendiri pun belum membeberkan kapan versi akhir dari fitur tersebut rilis.

Yah, semoga saja fitur-fitur di atas bisa rilis dalam waktu dekat..

%d blogger menyukai ini: