Telegram Hadirkan Fitur Baru Payment 2.0, Voice Chat Terjadwal, Dll

Telegram luncurkan pembaruan terbarunya yang menampilkan beberapa pembaruan baru termasuk sistem Payment 2.0, voice chat terjadwal, dll.

Maret lalu, Telegram sempat merilis fitur voice chat untuk channel dalam pembaruan terbarunya. Setelah itu bergeser ke awal April, Telegram comeback lagi dengan meluncurkan aplikasi web alternatif dengan tampilan yang lebih fresh.

Masih di bulan yang sama, kali ini Telegram kembali menyapa penggunanya dengan meluncurkan pembaruan terbaru. Apa yang baru dari update kali ini?

Update Terbaru Telegram Bawa Fitur Payment 2.0

Dilansir dari blog Telegram (via GSMArena), Payment 2.0 adalah peningkatan dari sistem pembayaran yang telah diterapkan Telegram pada tahun 2017. Yakni pengguna dapat membeli barang dan membayarnya langsung dari aplikasi.

Nah, dalam sistem Payment 2.0 Telegram, pedagang sekarang bisa menerima pembayaran kartu kredit secara asli dalam obrolan. Namun kemampuan baru bisa dipakai kepada penyedia pembayaran pihak ketiga seperti Stripe, Yandex.Money, Sberbank, Tranzzo, Payme, KLIK, LiqPay, dan ECOMPANY.

Untuk sementara ini, fitur Payment 2.0 tersedia di lebih dari 200 negara. Pengembang berjanji, mereka akan menambahkan lebih banyak penyedia pembayaran di masa depan.

Lebih lanjut, Telegram mengatakan jika informasi pembayaran ‘tetap bersifat pribadi’ antara pengguna dan penyedia jasa pembayaran. Sementara informasi pengirimannya cuma dibagikan dengan penjual. Telegram tidak akan mengambil komisi atau pun menyimpan informasi pembayaran.

Fitur baru lainnya yang dihadirkan Telegram adalah scheduled voice chat/obrolan suara terjadwal. Sekarang, admin grup atau channel bisa menjadwalkan voice chat, dan semua anggota grup bisa melihat hitungan mundur dari voice chat tersebut.

Ketika hitungan mundur berakhir, pengguna secara otomatis akan mendapatkan pemberitahuan bahwa voice chat tersebut sudah bisa dibuka.

Voice chat sekarang juga memungkinkan kamu untuk memperluas gambar profil, serta melihat bio tanpa perlu meninggalkan jendela voice chat. Kamu juga bisa mengubah gambar profil dan mengedit bio tanpa perlu meninggalkan obrolan.

Telegram juga mengumumkan dua versi web baru. Sebenarnya versi web anyar ini sudah terlihat sejak awal April lalu, namun Telegram baru resmi mengumumkannya sekarang.

Kenapa ada dua versi web? Rupanya, Telegram sebelumnya pernah mengadakan ‘pemilihan’ versi situs web yang lebih sederhana. Tidak disangka, ada dua versi web yang sama-sama terlihat oke. Jadi Telegram memutuskan untuk memakai dua-duanya sebagai versi web terbaru.

Kedua versi web yakni K dan Z, sebenarnya tidak benar-benar menggantikan situs web utama saat ini. Itu artinya, kamu sekarang punya tiga opsi versi web. Kamu bisa memilihnya sesuai selera.

Apa bedanya versi K dan Z dengan web yang lama? Kedua versi terbaru ini dirancang agar terlihat lebih sederhana. Mereka tidak punya banyak fitur namun lebih modern. Selain tampilannya, tidak ada perbedaan lain antara versi K dan Z dengan web lama.

Terakhir, Telegram juga menghadirkan beberapa peningkatan pada aplikasi selulernya. Sekarang, kamu bisa memperbesar gambar, video bahkan stiker langsung di timeline tanpa perlu membukanya.

Kamu juga bisa mempercepat atau memundurkan video dengan mengetuk dua kali di sisi layar (untuk aplikasi Android). Sedangkan untuk aplikasi iOS, kamu tinggal menekan dan menahan tombol +/-.

Aplikasi Android sekarang bisa diunduh langsung dari situs web Telegram. Memungkinkan pengguna mendapatkan versi terbaru lebih cepat tanpa perlu menunggu update dari Google Play Store.

%d blogger menyukai ini: