Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Yey.. Manggil Username YouTube akan Bisa Pakai “@” Seperti Twitter

Username YouTube Kreator (Sumber: YouTube Blog)
Indri Penulis

YouTube rilis berita gembira. Sebentar lagi kita bakal bisa memanggil username YouTube pakai “@” seperti yang ada di media sosial.

Memanggil username orang lain dengan embel-embel ‘@’ di depannya tentu sudah tidak asing lagi buat banyak orang (kalau di luar negeri sih istilahnya ‘handle’). Apalagi aktivitas tersebut telah ada di media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, TikTok, dll, sejak lama.

Memanggil seseorang dengan embel-embel ‘@’ tentu sangat mudah. Apalagi saat mau membalas komentar dari orang tertentu. Tinggal ketik ‘@’ lalu sebutkan username-nya, maka komentar tersebut akan langsung tertuju ke orang yang dimaksud.

Sayangnya dukungan ‘receh’ seperti itu selama ini belum bisa dinikmati oleh pengguna YouTube. Padahal YouTube notabene merupakan platform streaming video dengan miliaran pengguna di seluruh dunia.

Selama ini kalau pengguna mau berinteraksi dengan komentar orang lain, mereka harus membalas komentar orang tersebut tersebut. Pengguna YouTube tidak bisa langsung menyebut username orang lain pakai tanda ‘@’ seperti di media sosial.

Padahal biasanya satu komentar bisa dibalas oleh puluhan, ratusan hingga ribuan komentar. Jadi kalau kreator membalas komentar tersebut, nggak jelas balasannya ditujukan ke siapa.

Namun sekarang berbeda. YouTube akan mempermudah konten kreator untuk mengarahkan penonton ke channel mereka. Tidak hanya itu, kreator juga bisa lebih gampang berinteraksi dengan orang lain menggunakan username.

Hadirnya Dukungan Panggilan Username YouTube

Baru-baru ini YouTube resmi mengumumkan ‘nama sebutan channel.’ Ini adalah cara baru buat konten kreator untuk mengidentifikasi channel mereka dengan format @username.

Selain itu dukungan ini juga bisa dipakai kreator untuk berinteraksi dengan penonton di YouTube Shorts, halaman channel, deskripsi video, kolom komentar, dll.

username youtube
Contoh Nama Sebutan Channel YouTube – Sumber: Google Blog

YouTube mengatakan bahwa nama sebutan channel akan muncul di halaman channel dan Shorts. Nanti setelah dukungan ini resmi diluncurkan, pengguna akan bisa mention orang lain pakai ‘@’ di komentar, postingan komunitas, deskripsi video, dll.

Baca Juga:  Asik.. Share Lagu YouTube Music ke Instagram Stories Sekarang Bisa!

Tapi ada yang perlu diketahui. Username kreator tetap tidak akan menggantikan username asli pengguna YouTube. Username kreator juga berbeda dengan nama channel.

Username kreator bersifat unik untuk setiap pengguna. Sehingga akan memudahkan kreator untuk membangun keberadaannya di YouTube.

Selain itu, username kreator nantinya juga akan menjadi bagian dari URL channel. Dalam kebanyakan kasus, URL yang dipersonalisasi akan menjadi username kreator.

Contohnya, username kreator saya adalah ‘@kurniadindri.’ Nanti URL channel saya akan menjadi ‘https://youtube.com/@kurniadindri.

Tidak ada batasan apapun untuk menggunakan nama sebutan channel (seperti kreator harus punya jumlah subscriber tertentu). So, dukungan ini akan bisa dinikmati oleh semua pengguna YouTube. Sifatnya juga bebas dipakai siapa saja layaknya di media sosial.

Tapi.. YouTube mengatakan kalau ke depan mungkin ada kasus di mana pengguna nggak bisa membuat nama sebutan channel. Hal ini bisa terjadi karena beberapa alasan.

Contohnya nama sebutan channel mungkin sudah dipakai kreator lain, atau nama tersebut tidak memenuhi pedoman yang dimiliki YouTube.

Sementara itu, peluncuran akan dilakukan secara bertahap mulai minggu depan (sejak artikel ini ditulis). Tapi konten kreator yang sudah ‘mapan’ alias punya banyak subscriber bakal mendapat privilege berupa akses terlebih dulu ke fitur ini (wehhh,, enak banget!).

Nanti setiap pengguna akan mendapat email dari YouTube buat bikin username kreator. Tapi kalau sampai tanggal 14 November 2022 pengguna tidak bikin username kreator, maka YouTube otomatis akan membuat username kreator pakai nama channel pengguna secara otomatis.

Waw, dengan adanya dukungan username YouTube, hal tersebut bakal bikin interaksi antara konten kreator dan penggemarnya jadi makin ‘mesra.’ Kreator lebih mudah memanggil orang yang ingin ia balas komentarnya.

Sebaliknya, penonton bisa lebih gampang menemukan channel kreator di YouTube. Hm.. Dukungan yang sangat penting sih menurut saya. Kalau kamu sendiri, suka nggak sama dukungan baru ini?