Spotify Mau Bikin Fitur Video Pendek Mirip TikTok Bernama “Discover”

Indri Penulis

Spotify mau tiru-tiru TikTok! Pasalnya kini Spotify tengah menguji coba fitur video pendek yang mirip TikTok bernama “Discover.”

Penggila musik tentu sudah familiar banget dengan Spotify ya. Pasalnya Spotify adalah salah satu platform streaming musik terbesar di dunia.

Karena selama ini terkenal sebagai platform musik, pernah nggak sih kamu membayangkan kalau Spotify bakal punya fitur video seperti TikTok?

Walau mungkin kamu nggak pernah membayangkannya, tapi sepertinya fitur tersebut akan benar-benar ada deh. Sebab Spotify saat ini kabarnya tengah menguji coba fitur video vertikal pendek di platform-nya.

Fitur tersebut pertama kali ditemukan oleh Chris Messina di akun Twitter-nya. Ia mengatakan kalau fitur tersebut bernama “Discover.” Messina menemukan fitur tersebut di Spotify TestFlight build (versi beta untuk pengembang iOS), atau tepatnya berada di dalam tab baru di UI aplikasi Spotify.

Messina juga mengatakan kalau sekilas fitur ini seperti Canvas (fitur yang memungkinkan musisi dan band mengganti sampul album statis dengan video pendek). Apalagi video yang ada di Discover benar-benar terlihat seperti format Canvas, hanya saja dalam bentuk video vertikal.

Untuk menggunakan fitur Discover, pengguna bisa swap video secara vertikal untuk berganti klip. Pengguna juga dapat menekan tombol hati untuk menyukai video tersebut. Antarmukanya yang terlihat familiar, tentu akan langsung mengingatkanmu pada TikTok.

Lebih lanjut, situs TechCrunch mencoba bertanya kepada Spotify soal fitur Discover. Sayangnya Spotify cuma mengatakan kalau ‘uji coba ini dilakukan untuk melihat apakah ada kelebihan dalam konsep tersebut atau tidak.’

Itu artinya, secara nggak langsung Spotify mengungkapkan kalau fitur Discover dapat dihentikan sebelum akhirnya resmi dirilis secara luas. Atau kalau terbukti populer, fitur tersebut akan diaktifkan untuk semua pengguna Spotify di masa mendatang.

Hm kalau dipikir-pikir, sepertinya Spotify benar-benar nggak malu ‘meminjam’ fitur dari perusahaan lain ya. Baru-baru ini Spotify juga sempat meluncurkan Greenroom, pesaing Clubhouse. Lalu di bulan Januari lalu, Spotify juga sempat menguji coba fitur Stories yang mirip Instagram.

    %d blogger menyukai ini: