Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Vivo APEX 2020 Tampilkan Visi Futuristik untuk Smartphone

layar vivo apex 2020
Anom Penulis

Setelah MWC 2020 batal, akhirnya Vivo menunjukkan konsep smartphone APEX 2020. Ponsel ini menawarkan konsep kamera dengan stabilisasi ala gimbal, layar melengkung ke samping sehingga tanpa tombol fisik, dan pengisian daya cepat 60W.

Sudah menjadi tradisi Vivo untuk menunjukkan smartphone yang menjadi visi masa depan di tiap tahun. Di tahun 2019, misalnya, Vivo menunjukkan smartphone APEX tanpa tombol fisik di sisi bodi. Ponsel APEX sendiri hanya sebatas konsep. Namun teknologi yang ada hadir untuk memunjukkan kemungkinan perkembangan smartphone ke depan.

popculture.id

FullView Display dan Super Unibody

Melanjutkan visinya untuk tampilan visual sepenuhnya, Vivo APEX 2020 memiliki layar smartphone 6,45 inci yang melengkung sampai 120ΒΊ mencapai bagian samping bodi. Vivo juga menggunakan In-Display Camera (kamera di balik layar). Dengan begitu bisa menghapus bingkai di layar ponsel sepenuhnya.

in-display camera vivo apex 2020
In-Display Camera

Sebagai pengganti tombol fisik di bagian samping, Vivo menerapkan tombol virtual di layar bagian samping yang melengkung itu. Sedangkan pemakaian In-Display Camera meminimalis celah di layar atau bodi. Vivo juga meningkatkan transmisi cahaya yang lewat di layar untuk mengurangi gangguan optik.

Continuous Optical Zoom

Selain layar dan bodi, Vivo juga terus mengembangkan teknologi kamera. Kali ini, Vivo mengejar teknologi zoom secara optikal di kamera ponselnya.

Sejauh ini teknologi zoom di smartphone bersandar pada hybrid zoom, yaitu penggabungan antara pembesaran optik dan digital. Walau teknologi ini sudah jauh lebih baik, namun pembesaran secara optik sepenuhnya masih dianggap jauh lebih baik.

kamera periskop vivo apex 2020
Konfigurasi lensa periskop

Untuk mencapai zoom optik yang maksimal, Vivo menerapkan konfigurasi 4 lensa, dengan dua lensa bisa bergerak dan dua lainnya diam. Dengan begitu bisa menghasilkan proses zoom yang berkesinambungan sekaligus mencari fokus secara langsung.

Stabilisasi Kamera dengan Gimbal

Vivo menyebutkan bahwa dengan kehadiran jaringan 5G, pembuatan konten video menjadi prioritas. Dengan begitu, stabilitas gambar juga dituntut lebih baik. Untuk itulah Vivo mengembangkan teknologi gimbal di kamera smartphone.

kamera belakang vivo apex 2020

Vivo menyebutkan kalau dibanding sistem OIS (Optical Image Stabilization) biasa, sistem gimbal ini bisa memberi kestabilan lebih baik karena mengantisipasi gerakan depan-belakang dan kanan-kiri (atau atas-bawah). Pengujian Vivo menyebutkan efisiensi stabilisainya mencapai 200%.

Pengisian Daya Nirkabel 60W

Vivo juga mengejar teknologi pengisian daya super cepat. Bahkan untuk teknologi nirkabel. Smartphone Vivo APEX 2020 mendukung Wireless Super FlashCharge 60W. Pengisian daya nirkabel ini disebut mampu mengisi perangkat dengan baterai 2000mAh dari kosong sampai penuh hanya dalam waktu 20 menit.

Dengan pengisian daya seperti ini, tentu akan memudahkan. Selain tidak akan merepotkan pengguna dengan kabel, pengisian super cepat juga membuat pengguna tidak perlu menunggu lama. Dari sisi ponsel itu sendiri, kapasitas baterai masih bisa berukuran wajar sehingga ponsel tetap tipis.

    %d blogger menyukai ini: