Prototipe Vivo APEX 2019

Inilah Hands-on Vivo Apex 2019 Ponsel Tanpa Tombol Fisik

Pada awal tahun 2019, Vivo memberikan teaser Vivo Apex 2019. Sebuah ponsel true unibody, tanpa tombol fisik. Vivo kemudian mengumumkan konsep ponsel ini di Beijing, Cina.

Pada sebuah acara di Hong Kong, Vivo benar-benar menunjukkan ponsel Vivo Apex 2019 tersebut secara fisik. Yah, tradisi menunjukkan konsep ponsel ini sudah dilakukan oleh Vivo sejak beberapa tahun terakhir. Salah satunya adalah ponsel dengan sensor sidik jari di layar, yang kini sudah menjadi nyata.

Sama seperti waktu itu,  The Verge (Sam Byford) merupakan salah satu pihak yang mendapat kesempatan melakukan hands-on. Dari hands-on Vivo Apex 2019 itu, terlihat sebuah fenomena yang menarik. Sam memastikan bahwa bodi Vivo Apex 2019 terbuat dari satu bidang kaca, yang disebut Vivo cukup sulit diwujudkan.

Sebagai pengganti tombol fisik (volume dan daya), Vivo memanfaatkan rangkaian kombinasi sensor kapasitif dan tekanan. Lalu terdapat konektor magnetik sebagai pengganti colokan USB untuk pengisi daya dan transfer data. Sebagai pengganti speaker adalah layar ponsel itu sendiri, yang memanfaatkan getaran. Tentu saja, ada sensor sidik jari di layar yang bisa dipakai di semua permukaan layar ponsel.

Sama seperti hands-on di prototipe ponsel dengan sensor sidik jari, Sam Byford menyebutkan kalau semua fungsi di atas berjalan cukup baik. Walau begitu, mereka juga menyebutkan kalau ponsel ini belum siap untuk diluncurkan untuk konsumen dan tidak akan dijual untuk umum.

Vivo APEX 2019 front via The Verge
Foto: The Verge
Vivo APEX 2019 back via The Verge
Foto: The Verge
Vivo APEX 2019 finger print via The Verge
Foto: The Verge
hands on vivo apex 2019
Sumber: The Verge

Terus terang, melihat perkembangan inovasi Vivo, hal ini sangat menarik. Karena dari beberapa prototipe yang muncul, baik sensor sidik jari maupun kamera pop-up, hampir semua menjadi kenyataan.

Pola promosi yang hadir pun cukup menarik. Mulai dari konsep, teaser, pengumuman, dan disusul dengan hands-on. Melihat gejala ini, bukan tidak mungkin ponsel super unibody ini akan menjadi nyata di waktu mendatang. Tentunya dengan nama berbeda.

Harus kita akui pula bahwa konsep ponsel dari Vivo sudah menjadi salah satu pemicu perkembangan teknologi smartphone akhir-akhir ini. Kita bisa melihat berbagai merk ponsel lain juga berlomba menerapkan teknologi sejenis. Misalnya Samsung yang mengembangkan Ultrasonic Fingerprint Scanner untuk Galaxy S10.

Kita lihat saja ke mana arah ponsel Vivo Apex 2019 ini bergerak.

More Stories
handphone layar kecil
Handphone Layar Kecil Pilihan (5 Inci dan Di Bawahnya)