Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

VLC Blokir Handphone Huawei Untuk Download Aplikasi di Play Store

icon huawei emui
Anom Penulis

Sebuah kabar mengejutkan hadir. VLC memblokir handphone Huawei sehingga tidak bisa download aplikasinya di Play Store. Alasannya adalah menghindarkan rating buruk dari pengguna handphone Huawei yang juga menggunakan aplikasi VLC.

Lho? Kenapa rating buruk pengguna bisa jadi alasan blokir seperti itu? Untuk memahami permasalahan sebenarnya, kita harus melihat fitur aplikasi VLC dan sistem manajemen aplikasi dari Huawei.

popculture.id

Aplikasi VLC memiliki fitur untuk memainkan media — baik video atau audio — di latar belakang (backround playback). Jadi kamu tetap bisa mendengarkan musik sambil membuka aplikasi lain. Fitur ini sangat populer di kalangan pengguna VLC.

Di sisi lain, salah satu fitur EMUI dari Huawei adalah manajemen aplikasi. Fitur ini berusaha mengoptimalkan penggunaan RAM dan baterai. Salah satunya dengan menonaktifkan aplikasi di latar belakang yang dianggap tidak berguna.

optimalisasi handphone huawei

VLC menyebutkan kalau mereka menerima banyak laporan dari pengguna kalau fitur background playback berhenti berfungsi ketika aplikasi VLC tidak menjadi fokus. Hal ini bisa membawa pengguna memberi rating dan review buruk di Play Store.

Itulah alasan VLC memblokir handphone Huawei sehingga tidak bisa download aplikasi mereka. Tepatnya, handphone Huawei yang tergolong lebih baru.

Tindakan ini cukup kontroversial. Banyak blog membahasnya dan juga jadi bahan diskusi di forum Android Reddit. Seperti biasa, ada yang pro dan ada yang kontra. Beberapa menganggap manajemen aplikasi dari Huawei terlalu agresif.

Sebagian menilai kalau beberapa pengguna yang mengeluh itu ada yang tidak mengerti cara mengatur manajemen aplikasi di Huawei. Kalau fitur ini aktif secara utuh, memang bisa secara agresif mematikan berbagai aplikasi. Tapi kita bisa memilih. Bahkan, kita bisa memasukkan beberapa aplikasi ke daftar aman (whitelist). Mungkin memang pilihan tersebut tertanam cukup dalam di setelan.

Saat saya menggunakan Huawei Nova 2 Lite, memang saya menemukan fitur tersebut. Tapi sejauh saya menggunakannya, saya tidak merasa terganggu dalam menggunakan aplikasi (termasuk yang bekerja di latar belakang). Supaya obyektif, saya memang tidak menggunakan VLC dan saya mengatur fungsi manajemen aplikasi itu.

Kalau kamu termasuk korban blokir handphone Huawei dan tidak bisa mengunduh aplikasi VLC di Play Store, kamu tetap bisa mengunduh APK VLC di situs web mereka. Kemudian, jangan lupa juga cek setelan optimalisasi di handphone Huawei milikmu.

    %d blogger menyukai ini: