Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Fitur EMUI 8 Dari Huawei Memberi Variasi Di Android Oreo

Anom Penulis

Tiap merk handphone biasanya punya versi Android mereka sendiri. Begitupun Huawei. Skin Android dari Huawei bernama EMUI dan yang hadir saat artikel ini ditulis adalah EMUI 8.

Biasanya, handphone Android dari Cina selalu memberi sentuhan desain seperti iPhone. Lihat saja MIUI dari Xiaomi dan FunTouch OS dari Vivo. EMUI pun demikian. Namun, ada beberapa fitur menarik yang fungsional dari EMUI 8 ini.

popculture.id

Mungkin kamu sudah membaca review Huawei Nova 2 Lite dari kami. Di sana saya sudah menyebut kalau saya suka dengan desain EMUI 8 ini. Cuma sayangnya, saya belum sempat mencicipi fitur artificial intelligence yang lebih canggih dari EMUI.

Yah, untuk sementara, berikut beberapa fitur menarik tersebut.

Layar Utama

Huawei meletakkan layar tambahan di sisi paling kiri layar utama. Ya, seperti launcher Google Now. Di sana kamu bisa melihat informasi pribadi, seperti durasi handphone aktif, cuaca, tugas, kebugaran (jalan kaki), dan berita.

smartcare dan fungsi pencarian emui
SmartCare dan fungsi pencarian EMUI

Beberapa informasi tersebut terikat dengan aplikasi tertentu. Misalnya untuk kebugaran, kamu harus memasang aplikasi Health dari Huawei. Lalu, beberapa info hadir sesuai wilayah. Misalnya berita, yang sayangnya tidak tersedia di wilayah ini.

Huawei juga memberikan akses mudah untuk mencari berbagai hal yang ada di dalam handphone. Misalnya pesan, kontak, dan aplikasi. Yang perlu kamu lakukan adalah menyapu layar ke bawah di bagian tengah (kalau dari atas akan membuka notifikasi).

Selain itu, kamu juga bisa mengakses setelan layar utama baik dengan cara biasa (tekan dan tahan) atau dengan mencubit layar. Kemudian kamu bisa mengganti wallpaper, menambah widget, memilih jenis transisi layar, atau masuk ke setelan.

Pilihan Daftar Aplikasi

Fitur berikutnya yang tidak kalah menarik adalah daftar aplikasi atau app drawer. Huawei awalnya mengikuti jejak iPhone dengan meletakkan semua aplikasi di layar utama. Bukan seperti bawaan Android yang menyimpan daftar aplikasi komplit di bagian lain.

Nah, di EMUI 8 kamu bisa memilih cara apa yang kamu suka. Mau seperti iPhone atau seperti bawaan Android. Kita semua suka pilihan, dna kamu bisa memilih.

pilihan daftar aplikasi di emui 8
Pilihan layar utama dan daftar aplikasi

Pilihan Navigasi

Huawei merupakan salah satu merk yang merangkul navigasi dengan gestur di Android. Di EMUI 8 kamu punya banyak pilihan, beserta berbagai konfigurasi.

Kamu bisa menggunakan otak navigasi Android biasanya. Di sini kamu bisa mengatur posisi tiga tombol sakti Android dan bisa memilih jenis ikonnya.

pilihan navigasi emui
Pilihan navigasi EMUI 8

Sebagai pilihan lain, kamu bisa menggunakan Navigation Dock. Yaitu alat kontrol seperti virtual home button di iOS. Kontrol ini bisa berfungsi sebagai navigasi menggantikan tiga tombol ala Android. Gestur yang dipakai mirip dengan aplikasi Navigation Gestures yang pernah saya bahas.

Kontrol Gerakan

Selain navigasi, Huawei juga meberi beberapa fitur gerakan atau gestur di EMUI 8. Kamu bisa membalik handphone untuk mematikan suara panggilan telpon dan alarm, tekan layar dua kali untuk mengaktifkan atau menon-aktifkan layar, dan tekan dengan tiga jari untuk mengambil screenshot.

kontrol gerak EMUI
Setelan kontrol gerak EMUI

Mode Satu Tangan

Seperti namanya, Mode Satu Tangan (One-Handed UI) memungkinkan handphone dipakai dengan satu tangan saja. Di dalamnya ada pilihan mengecilkan tampilan layar (ke kiri dan ke kanan) dan menggeser keyboard (ke kiri dan ke kanan).

Terus terang fitur ini jarang saya pakai. Karena saya tetap terbiasa menggunakan dua tangan. Sedangkan untuk keyboard, yah saya menggunakan Swiftkey yang juga punya fitur mirip.

mode satu tangan emui
Mode satu tangan di EMUI

Optimalkan Handphone

Walau Android sudah punya sistem pengaturan daya dan performa tersendiri, Huawei menambahkan beberapa alat untuk memaksimalkan kinerja handphone.

Pilihan Optimize akan melakukan cek pada pengaturan handphone. Kemudian kamu akan mendapat saran apa saja yang harus dilakukan. Sedangkan Cleanup akan membantumu membersihkan handphone dari berkas tidak terpakai.

optimalisasi handphone
Pengaturan optimal dan membersihkan handphone Huawei

    %d blogger menyukai ini: