Wacom Cintiq Pro 24

Wacom Membuat Tablet Modular Windows 10

Wacom merilis modul Wacom Cintiq Pro Engine. Modul ini akan mengubah tablet Cintiq Pro 24 dan 32 menjadi perangkat Windows 10. Sebuah konsep tablet modular yang menarik dan berguna bagi pekerja kreatif.

Dalam beberapa tahun terakhir ini, komputer untuk pekerja kreatif profesional mengalami perkembangan besar. Mulai dari teknologi media (virtual reality dan augmented reality), maupun perangkat yang mendukung proses kreasi lebih baik. Kita bisa melihat contohnya di Microsoft Surface Studio.

Perkembangan ini berusaha memberikan solusi bagaimana menggambar dengan lebih baik. Yah, menggambar memang salah satu proses dasar berkreasi. Media paling berkembang di bidang ini adalah tablet. Kita bisa melihat perkembangan Surface Pro maupun iPad Pro.

Wacom sebagai produsen ternama tablet untuk menggambar tentunya tidak ingin kalah dengan yang lain. Biasanya, kita menghubungkan tablet Wacom dengan komputer (Windows atau Mac). Dengan modul Wacom Cintiq Pro Engine, seorang pekerja kreatif bisa bekerja dalam satu perangkat saja.

Komputer Mini Dibalik Tablet Modular

Untuk tablet modular ini, Wacom memposisikan modul Cintiq Pro Engine di bagian belakang tablet. Wacom merilis dua versi (keduanya menggunakan kartu grafis NVIDIA Quadro P3200). Yang pertama menggunakan prosesor Intel i5HQ, RAM 16GB, dan penyimpanan 256GB. Sedangkan yang kedua menggunakan prosesor Intel XEON, RAM 32GB, dan penyimpanan 512GB.

modul Cintiq Pro Engine sebagai tablet modular
Modul Cintiq Pro Engine ada di bagian belakang

Yang menarik, kamu bisa melakukan upgrade pada modul Cintiq Pro Engine ini. Baik untuk memory (RAM) maupun untuk menyimpanan. Jadi sangat fleksibel. Umur penggunaannya pun secara umum bisa lebih panjang. Investasi yang menarik untuk pekerja kreatif.

[irp posts=”48138″ name=”Ingin Tahu Teknologi dan Gadget Baru? Ikuti Berita Acara IT Ini”]

Mendukung Teknologi Terkini

Seperti sudah disebut di atas, kreasi masa kini berkembang ke arah virtual reality. Sebagian besar produk Wacom memang sudah mendukung teknologi tersebut. Tapi untuk melakukan preview dan menguji konten VR, kreator sering harus terhubung dengan komputer yang cukup canggih.

Tablet Cintiq Pro 24 dan 32 dengan modul Cintiq Pro Engine sudah memiliki kemampuan itu. Bisa kamu lihat, spesifikasinya cukup mumpuni. Jadi hanya dengan tablet ini, seorang kreator VR bisa menyelesaikan proyeknya dengan jauh lebih mudah.

Yah, tapi tentu saja, perangkat ini merupakan tablet kelas profesional. Jadi jangan heran kalau harganya tinggi. Versi dengan prosesor Intel i5HQ dibandrol dengan harga $2499, sedangkan yang dengan Intel XEON memiliki harga $3299.

Dengan harga seperti itu, mungkin kamu akan berpikir: “Perangkat apa yang bisa dibeli dengan harga sama?”. Bahkan kalau kamu seorang pekerja kreatif profesional pun, pilihannya cukup banyak. Akhirnya, semua akan kembali pada pertimbangan pribadi. Baik kebutuhan maupun kesukaan.

Toh kita tidak bisa mengelak bahwa perkembangan teknologi komputer yang pesat ini sangat menarik. Konsep modular memberikan akses yang lebih mudah pada komputer. Jempol juga patut diacungkan pada Microsoft yang membuat Windows 10 lebih mudah dipakai di berbagai perangkat.

Fleksibilitas tablet modular Cintiq Pro Engine dan tablet Cintiq Pro jelas memiliki keunggulan tersendiri. Paling tidak, pilihan perangkat jadi lebih banyak. Sekarang, tergantung pada kamu yang membutuhkan. SIlakan lihat info lebih jauh di website Wacom.

More Stories
Unfollow 5 Tipe Orang Ini di Medsos Agar Hidup Damai