Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Selamat Tinggal Microsoft Office, Sambut Wajah Baru Microsoft 365.

Microsoft
Screenshot microsoft.com

Microsoft akan melakukan peningkatan hingga perubahan besar tahun ini. Mulai dari nama yang berganti menjadi Microsoft 365 hingga tambahan beberapa fitur yang futursitik.  

Dilansir melalui laman resmi Microsoft “Dalam beberapa bulan mendatang, Office.com, aplikasi seluler Office, dan aplikasi Office untuk Windows akan menjadi aplikasi Microsoft 365, dengan ikon baru, tampilan baru, dan bahkan lebih banyak fitur,”.

Selain itu, Microsoft juga menjelaskan bahwa kamu akan tetap mendapatkan akses ke aplikasi seperti Word, Excel, PowerPoint, dan Outlook. Selain itu, terdapat juga penawaran pembelian satu kali aplikasi kepada konsumen dan bisnis melalui paket Office 2021 dan Office LTSC.

Perubahan ini akan mulai diluncurkan untuk Office.com pada November 2022 mendatang. Kemudian untuk aplikasi Office di Windows dan aplikasi seluler Office seperti iOS dan Android mulai pada Januari 2023.

Apa itu Microsoft 365?

Microsoft 365 merupakan platform produktivitas yang didukung cloud yang mencakup berbagai aplikasi seperti Microsoft Teams, Word, Excel, PowerPoint, Outlook, OneDrive, dan banyak lagi.

Microsoft 365 sebelumnya masih berupa Office 365. Merupakan platform yang mengkombinasikan Office, layanan Microsoft, dan sejumlah layanan produktivitas, dan bisa diakses dengan berlangganan berbayar.

Masih menggunakan logo merah bata yang memiliki empat sisi. Sekarang logo tersebut juga diperbarui menjadi 6 sisi dengan warna yang lain berupa biru keunguan.

Mulai bulan November 2022, Office 365 akan berubah menjadi Microsoft 365. Semua hal yang sebelumnya menggunakan nama Office akan diubah menjadi Microsoft 365 dan akan dimulai dari Office yang berbasis web.

Kamu juga dapat memulai dengan aplikasi web dan seluler gratis atau meningkatkan ke paket premium untuk akses ke lebih banyak aplikasi, penyimpanan, dan fitur yang lebih menarik.

Baca Juga:  Microsoft Designer Hadir, Apple Music dan Apple TV+ Meluncur untuk Windows

Microsoft 365 menyediakan tiga paket yang bisa kamu akses. Paket rumahan, bisnis hingga perusahaan semuanya memiliki paket yang berbeda sesuai kebutuhan pengguna.

Perubahan ini akan berlaku untuk semua orang yang menggunakan aplikasi Office. Baik itu penggunaan untuk bekerja, sekolah, atau penggunaan secara pribadi.

Microsoft
Aplikasi Microsoft 365 (Screenshot situs microsoft 365)

Apa yang Baru Pada Microsoft 365

Microsoft akan mengganti nama seluruh aplikasi office menjadi Microsoft 365. Jika kamu masih menemui produk berupa Microsoft Office, nantinya nama itu akan berganti menjadi Microsoft 365.

Misalnya pengguna yang berlangganan Office 365 personal akan berganti menjadi  Microsoft 365 personal. Kemudian yang berlangganan Office 365 Home, menjadi Microsoft 365 Family dan seterusnya.

Optimalisasi beberapa aplikasi sebelumnya juga menjadi sesuatu yang baru dari Microsoft 365 ini. Mulai dari Microsoft Forms, Microsoft Editor hingga beberapa aplikasi seperti Word, Excel, Power Point, Outlook dst.

Dengan Microsoft 365 kamu akan merasakan kesan futuristik yang ditampilkan melalui beberapa aplikasi dan layanan yang ada pada Microsoft 365.

Kemudahan penggunaan dan tools yang familiar masih menjadi salah satu keunggulan dalam Microsoft 365 menemani pengguna di berbagai bidang yang tersedia.

Hingga kini, Microsoft 365 memiliki empat bagian paket yang dapat kamu akses. Mulai dari personal dan keluarga, pendidikan, bisnis dan perusahaan.

Empat bidang tersebut juga menawarkan paket berlangganan yang bisa kamu gunakan. Dengan berlangganan kamu juga mendapatkan akses penuh terhadap seluruh aplikasi Microsoft 365 yang ditawarkan.

Microsoft juga memberikan aplikasi terbaru yang sangat family friendly untuk dapat dinikmati kita semua. Aplikasi Microsoft Family Safety hadir sebagai aplikasi yang sangat ramah untuk keluarga.

Aplikasi ini dapat menerapkan kebiasaan digital yang sehat dengan mengatur jadwal menggunakan perangkat, mengatur filter konten yang digunakan hingga berbagai lokasi terkini. Semuanya dapat digunakan untuk melindungi keluarga kita agar terhindar dari bahaya.

Baca Juga:  Cara Menggunakan Microsoft Office 365 Dengan Gratis Secara Online

Microsoft juga tidak lupa untuk memperbarui aplikasi bisnis mereka dengan Microsoft Viva. Aplikasi yang dengan mudah mengatur seluruh urusan bisnis anda dengan banyak keuntungan.

Mulai dari fitur koneksi, wawasan, pertumbuhan, tujuan hingga pengalaman berbasis peran menjadikan pekerjaan perusahaan lebih mudah dan terkoneksi.

Kamu baru bisa mendapatkan aplikasi Microsoft 365 di web di  Microsoft365.com setelah perilisan resmi. Kemudian Windows melalui Microsoft Store dan di Google Play juga Apple App Store.

Dampak Bagi Pengguna

Apakah perubahan ini akan berdampak pada pengguna? Jawabannya tidak. Microsoft menjelaskan bahwa perubahan ini tidak akan berdampak pada akun, profil, langganan, atau file yang sudah ada.

Aplikasi yang ada akan diperbarui secara otomatis dengan ikon dan nama yang baru, jadi kamu hanya perlu memperhatikan perubahan tersebut di bulan November dan seterusnya.

Microsoft 365 juga tidak akan lebih mahal karena biaya langganan tidak akan berubah. Dengan semua kelebihan dan fitur yang telah ditawarkan, kamu tidak perlu ragu lagi untuk menggunakan Microsoft Office 365.