Water Time Pro – Aplikasi Simpel untuk Ingatkan Waktu Minum

Sering lupa minum air putih? Jika iya, cobalah aplikasi Water Time Pro. Aplikasi ini dapat kalian gunakan sebagai alarm minum air putih.

Konsumsi air minum sangat dibutuhkan untuk tubuh. Manusia dianjurkan untuk minum air sebanyak 2 liter setiap harinya.

Sayangnya, kesadaran minum air orang Indonesia masih minim. Selain mengabaikan himbauan ini, tidak sedikit orang yang sering lupa minum air putih.

Agar tidak lupa, kita bisa menggunakan aplikasi drinking reminder. Salah satu aplikasi yang bisa kalian coba adalah Water Time Pro.

Seperti apa aplikasi Water Time Pro? Simak ulasannya berikut ini.

Tentang Aplikasi Water Time Pro

Sumber Gambar : Prototypr

Aplikasi drinking reminder ini dibuat oleh Mobile Creatures. Aplikasi ini punya ukuran kecil, yakni hanya 3,3 MB. Aplikasi ini telah mendapat bintang review 4,7 dan diunduh lebih dari 5 juta orang.

Meski memiliki embel-embel ‘Pro’ di dalam namanya, tapi aplikasi ini gratis kok. Hanya saja, kalian akan menemukan beberapa iklan di dalam aplikasi.

Tampilan Aplikasi

Tampilan Water Time Pro didominasi warna biru muda. Aplikasi ini memiliki desain sangat simpel dan mudah digunakan. Selain itu, aplikasi ini hanya fokus sebagai drinking reminder.

Beranda Aplikasi

Saat pertama kali menggunakan aplikasi ini, kalian harus mengisi beberapa data. Data yang diisi antara lain jenis kelamin dan berat badan.

Setelah data terisi, aplikasi akan memperkirakan jumlah asupan air yang harus kalian konsumsi. Tapi meski aplikasi sudah memberi patokan, kalian bisa mengganti target minum harian lho.

Jumlah asupan air yang harus diminum bisa kalian lihat di beranda. Di beranda, terdapat fitur Drinking Tracker, Grafik, Penonaktifan Iklan, Setelan Data dan Notifikasi.

Fitur Aplikasi

Drinking Tracker

Fitur ini akan mencatat jumlah gelas air yang kalian minum. Untuk menggunakannya, kalian cukup klik gambar gelas yang ada. Setiap kalian klik gambar tersebut, jumlah gelas di atasnya akan bertambah.

Oya, kalian tidak cuma bisa memasukkan air ke dalam data. Selain air, kalian bisa input minuman lain seperti teh, kopi, susu dan jus.

Dalam gambar berikut, saya memiliki target minum air 2.250 liter per hari. Saat menulis artikel ini, saya baru minum 3 gelas air (750ml). Setiap gelas air memiliki ukuran 250ml.

Perbedaan Jumlah Hydro Setelah Minum Teh

Katakanlah saya habis minum teh. Lalu saya input teh ke dalam aplikasi. Setiap satu gelas teh akan mengurangi 50% jumlah hydro yang dimiliki.

Untuk minuman lain seperti susu dan jus, kalian akan mendapat tambahan hydro sebesar 80%. Sementara untuk kopi, asupan hydro akan dikurangi 50%.

Pilihan dan Contoh Input Minuman Dingin

Menariknya, aplikasi ini juga memungkinkan kalian memasukkan minuman dingin lho. Kalian cukup pilih salah satu minuman yang ada, isi berapa ml minuman yang kalian konsumsi.

Grafik

Sesuai namanya, fitur ini akan menunjukkan grafik minum harian. Kalian bisa melihat berapa banyak air yang diminum setiap harinya.

Grafik Minum Harian

Fitur ini juga akan menampilkan jam-jam kalian saat minum. Jika target minum kalian tercapai, maka grafik pada hari itu akan berwarna biru. Namun jika tidak tercapai, grafik akan berwarna abu-abu.

Penonaktifan Iklan

Seperti yang saya jelaskan sebelumnya, aplikasi ini berisi iklan. Namun iklan di dalam aplikasi bisa dinonaktifkan menggunakan fitur ini.

Fitur untuk Menonaktifkan Iklan

Hanya saja, kalian harus membayar untuk menonaktifkan iklan. Biaya untuk menonaktifkan iklan dimulai dari Rp 15.000.

Tidak hanya iklan, kalian juga bisa membeli kucing lucu. Kucing-kucing ini akan mengingatkan kalian untuk minum air. Untuk mendapatkan kucing, kalian harus membayar Rp 22.499.

Beberapa Pilihan Minuman Tambahan

Masih ada satu lagi, kalian bisa menambahkan jenis minuman ke Drink Tracker. Beberapa minuman yang tersedia adalah teh hijau, herbal, biji cokelat, kopi tanpa kafein, soda, limun, madu, santan, dll.

Setelan Data

Di fitur ini, kalian bisa mengubah semua data yang ada. Kalian dapat mengubah data bahasa, jenis kelamin, satuan BB, dan berat badan.

Fitur Setelan Data

Oya, aplikasi ini juga mendukung Google Fit lho. Kalian cukup menginstal Google Fit, dan hubungkan Google Fit dengan aplikasi ini. Jadi kalian tidak perlu mengisi data secara manual.

Selain itu, kalian juga bisa mengatur target minum harian dengan fitur ini. Atur juga wadah yang kalian gunakan untuk minum seperti gelas (250ml), cangkir (300ml) atau botol (500ml).

Notifikasi

Pengaturan Notifikasi

Fitur ini digunakan untuk mengatur notifikasi aplikasi. Kalian bisa memilih periode notifikasi, frekuensi dan suara notifikasi.

Kelebihan Aplikasi

Aplikasi ini punya tampilan simpel dan user friendly, sehingga mudah digunakan. Selain itu, fitur-fitur yang ditawarkan aplikasi menurut saya sudah cukup lengkap.

Sementara itu, aplikasi ini hanya fokus sebagai drinking reminder. Jadi cocok untuk kalian yang sering lupa minum.

Kekurangan Aplikasi

Ya kekurangan pertama dari aplikasi ini adalah iklan. Keberadaan iklan atas dapat mengurangi keindahan aplikasi. Tapi namanya juga aplikasi gratis, jadi wajar kalau ada iklan di dalamnya.

Kekurangan lainnya ada pada notifikasi. Pemberitahuan dari aplikasi ini biasanya tidak terlalu jelas. Jadi saya sendiri kadang tidak tahu kalau ada notifikasi. Mungkin kedepan hal ini perlu diperbaiki.

Download

%d blogger menyukai ini: