Diskon VPN terbaik: Klik di sini

Memasang Website Di Home Screen Android Seperti Aplikasi

pindah address bar chrome android ke bawah

Kalau kamu sering mengunjungi website tertentu, ada cara cepat untuk membukanya. Kamu bisa memasang website di home screen Android layaknya aplikasi. Bagaimana caranya?

Di dalam browser memang sudah ada fungsi bookmark atau menyematkan website. Tapi membukanya toh tetap membutuhkan beberapa kali tap. Tidak langsung.

Sedangkan memasang website di home screen Android memperlakukan website tersebut seperti aplikasi. Yaitu sebagai ikon. Kamu tinggal tap ikon website itu dan halaman website yang kamu simpan akan segera terbuka.

Salah satu contoh yang bisa dipakai adalah Disqus. Layanan komentar di blog populer ini tidak lagi punya aplikasi di Android. Dengan memasang halaman Disqus di home screen Android, kamu bisa mendapat akses seperti aplikasi.

[irp posts=”49361″ name=”Cake Browser: Cara Unik Menelusuri Internet Di Handphone”]

Sebelumnya, perlu saya sebutkan kalau saya menggunakan browser Google Chrome dan aplikasi launcher Nova Prime. Lalu, perlu saya sebut juga, kalau saya memindah address bar Google Chrome ke bawah. Jadi kalau ada yang berbeda, harap dimaklumi.

Cara Menyematkan Website di Home Screen Android

  1. Buka halaman website yang ingin kamu sematkan.
  2. Tekan tombol elipsis ︙ di kotak address bar browser.
  3. Tekan pilihan “Add to Home Screen” atau “Tambahkan ke Layar Utama“.
  4. Halaman website tersebut akan segera muncul di home screen.

cara pasang website di home screen android

Oya, perlu juga saya sebutkan kalau ikon website yang muncul di home screen akan tergantung pada gambar yang disediakan oleh website yang bersangkutan. Kalau kamu menggunakan icon pack, kemungkinan besar bentuknya tidak akan sama dengan ikon aplikasi lain.

Tapi kalau kamu menggunakan aplikasi launcher dan kamu ingin mengganti supaya lebih sesuai, saya yakin bukan masalah besar. Sebagai contoh, Nova Prime yang saya pakai memiliki fungsi mengganti ikon aplikasi dengan gambar buatan sendiri alias dari galeri.

tampilan ikon website di home screen android

Aplikasi web saat ini sudah memiliki dukungan seperti aplikasi asli Android. Google sendiri membuat hal itu semakin mudah. Misalnya kalau kamu mengijinkan website untuk mengirim notifikasi,  maka kamu juga bisa menerima notifikasi di handphone.

Jadi jelas. Memasang website di home screen Android punya keunggulan praktis. Terutama kalau website itu tidak punya aplikasi. Bukankah begitu?

More Stories
Photoplay: Aplikasi Fotografi Keren