Ketika WhatsApp Coba Ledek Telegram Soal Privasi….

Media sosial memang sering menghadirkan drama yang seru. Salah satunya kalau dua merek produk yang sama saling ledek. Kali ini yang muncul adalah Telegram dan WhatsApp yang saling ledek soal privasi di Twitter.

Persaingan memang kadang memunculkan upaya promosi dengan cara yang kontroversial, seperti mengejek pesaing. Contoh yang paling terkenal tentu saja PC vs Mac, yang belum lama ini berlanjut dengan Intel yang menyerang laptop Mac.

Sedangkan soal WhatsApp dan Telegram… Yah, kita tahu kalau WhatsApp mendapat sorotan untuk masalah peringatan persetujuan privasi di aplikasinya. Hal itu membuat banyak pengguna beralih ke aplikasi sejenis, seperti Telegram dan Signal.

WhastApp dan Telegram Adu Nyinyir di Twitter

Pada tanggal 14 Mei 2021, Telegram mengunggah gambar di Twitter yang menunjukkan perubahan ikon kotak sampah (recycle bin) Windows dari tahun ke tahun. Namun pada ikon terakhir di tahun 2021, Telegram meletakkan WhatsApp dan Facebook di tempat sampah itu.

WhatsApp kemudian membalas meledek Telegram dengan menyebutkan kalau pengguna mereka banyak yang tidak tahu kalau percakapan Telegram tidak dienkripsi secara bawaan.

Telegram pun membalas ledekan WhatsApp itu dengan mengatakan kalau penggunanya tahu soal itu. Telegram juga mengunggah tangkapan layar percakapan yang menyebutkan kalau backup (cadangan) percakapan WhatsApp juga tidak dienkripsi dan beberapa pihak (Apple, Google, dan WhatsApp) bisa mengaksesnya.

Setelah balasan Telegram itu, akun WhatsApp di Twitter tidak menjawab lagi.

Yah, kedua topik privasi yang WhatsApp dan Telegram sampaikan di Twitter itu memang tidak salah. Namun kelihatannya balasan Telegram cukup telak, karena berlawanan dengan pemberitahuan soal enkripsi yang biasa ada di awal percakapan WhatsApp.

Hm, kira-kira Signal berminat ikut nimbrung nggak ya? Kan sebelumnya mereka juga sempet nyinyir soal iklan Instagram dan Facebook.

%d blogger menyukai ini: