WhatsApp Pay Sudah Tersedia di Brazil, Bagaimana Indonesia?

Pada tanggal 15 Juni 2020, WhatsApp secara resmi mengumumkan kalau fitur pembayaran sudah mulai berjalan di aplikasinya. WhatsApp Pay mulai bergulir pertama kali di Brazil.

WhatsApp menyebutkan kalau saat ini sudah ada lebih dari 10 juta usaha kecil menengah di Brazil. WhatsAp juga sudah bekerjasama dengan beberapa bank di Brazil untuk dukungan kartu debit atau kredit.

Di WhatsApp Bisnis, fitur ini akan memberi kemudahan transaksi antara pedagang dan konsumen akan sangat membantu. Sedangkan di aplikasi WhatsApp biasa, akan memudahkan pengiriman dana antar personal.

WhastApp Pay memanfaatkan layanan Facebook Pay. Pengguna akan menhubungkan kartu debit atau kredit yang dikeluarkan bank lokal dengan layanan tersebut.Β  Dengan integrasi ini, pengguna WhatsApp bisa melakukan pembayaran atau mengirim uang semudah mengirim pesan di aplikasi.

WhatsApp Pay di Brazil
WhatsApp Pay di Brazil

Facebook, sebagai perusahaan induk, menyebutkan kalau nantinya fitur pembayaran ini juga akan hadir di aplikasi lain dari raksasa media sosial itu. Pengguna akan bisa menggunakan informasi yang sama di Facebook, Instagram, Messenger, dan WhatsApp.

WhatsApp menyatakan kalau para pemilik bisnis akan dikenakan biaya administrasi (untuk pemrosesan transaksi) untuk menerima pembayaran dari konsumen, sama seperti biaya pembayaran yang dilakukan dengan kartu kredit. Sementara pengguna biasa bisa menggunakan WhastApp Pay secara gratis untuk mengirim uang atau melakukan pembelian.

WhatsApp menerapkan sistem keamanan dengan nomor PIN untuk pengiriman uang. Dengan begitu, setiap pembayaran membutuhkan verifikasi sebagai langkah konfirmasi tindakan.

Brazil merupakan wilayah awal untuk WhatsApp Pay. WhatsApp menyebutkan kalau fitur ini akan hadir pula di wilayah lain.

Agar supaya fitur ini bisa berjalan di Indonesia, WhatsApp perlu mengajukan izin ke Bank Indonesia untuk bisa mendapatkan persetujuan Penyelenggaraan Pemrosesan Transaksi Pembayaran (PPTP) dan kerjasama Penyelenggara Jasa Sistem Keamanan (PJSP). Hal ini dinyatakan oleh Filianingsih Hendarta, Asisten Gubernur dan Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI (via Kontan).

Hm, kalau WhastApp Pay hadir di Indonesia, pas bakal menarik ya? Facebook sendiri belum lama ini berinvestasi di GoJek. Apa WhastApp Pay juga akan terintegrasi dengan GoPay? Layak ditunggu.

%d blogger menyukai ini: