Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Bakal Tambah Canggih, WhatsApp Uji Status Pesan Suara!

whatsapp uji status pesan suara
Gambar Oleh: Flickr
Indri Penulis

Kabar terbaru mengatakan kalau WhatsApp uji status pesan suara. Fitur ini masih tahap uji coba dan belum diketahui kapan rilis pastinya.

WhatsApp sebentar lagi dipastikan bakal mendapat dua fitur baru. Kedua fitur tersebut adalah mode kamera baru dan juga shortcut pemblokiran.

Tapi selain kedua fitur itu, ternyata masih ada satu lagi fitur yang sedang dipersiapkan WhatsApp. Menurut laporan tersebut, saat ini WhatsApp uji status pesan suara ke beberapa pengguna. Penasaran gimana konsepnya? Mari kita lihat bersama.

WhatsApp Uji Status Pesan Suara, Kayak Gimana Tuh?

Kabar ini dibeberkan pertama kali oleh WABetaInfo (via SAMMOBILE). Situs tersebut membagikan sebuah foto yang memperlihatkan proses uji coba status pesan suara WhatsApp.

whatsapp uji status pesan suara
Gambar Oleh: WABetaInfo

WABetaInfo menambahkan, WhatsApp sebenarnya sudah cukup lama mengerjakan fitur tersebut. Bahkan tanda-tanda awalnya sudah muncul sejak bulan Juli 2022.

Untuk konsepnya sendiri, pengguna WhatsApp nantinya akan bisa membagikan pesan suara mereka sebagai pembaruan status.

Seperti yang kita tahu, selama ini pengguna WhatsApp cuma punya dua opsi media yang bisa dibagikan sebagai status. Yakni media berupa foto dan video.

Fitur pesan suara WhatsApp mungkin sudah ada cukup lama. Tapi sampai sekarang belum ada opsi share pesan suara sebagai pembaruan status.

Sekarang WhatsApp telah meluncurkan fitur tersebut ke beberapa penguji beta. Jadi kalau kamu salah satu penguji beta WhatsApp, sekarang kamu bisa mengunduh versi beta terbaru WhatsApp di Google Play Store.

Setelah mendapat pembaruan, kamu bisa menyetel pesan suara sebagai pembaruan status. Caranya juga sama seperti saat kamu ingin mengirim pesan suara. Cuma bedanya, tombol ‘Kirim’ pesan suara bakal berubah menjadi tombol ‘Mic.’

Saat kamu menekan lama tombol mikrofon, WhatsApp akan mulai merekam pesan suaramu. Yah, konsepnya benar-benar mirip seperti pengiriman pesan suara di ruang obrolan WhatsApp.

Baca Juga:  Fitur WhatsApp Picture in Picture Resmi Hadir untuk Panggilan Video

Lebih lanjut, WhatsApp bakal menampilkan pesan suara di pembaruan status. Daftar orang yang bisa melihatnya juga bakal disamakan dengan pengaturan yang dibikin pengguna (misal dilihat semua orang, atau cuma bisa dilihat orang tertentu).

Fitur ini akan dienkripsi end-to-end dan terlihat selama 24 jam. Perekaman suara tidak boleh melebihi durasi waktu 30 detik. Selain itu nama kontak yang masih pakai aplikasi WhatsApp versi lama juga tidak akan bisa mendengar pesan suara dalam status.

Sekali ini, saat ini fitur status pesan suara WhatsApp masih dalam tahap uji coba. Jadi kami belum tahu kapan fitur tersebut akan dirilis ke semua pengguna. Tapi kalau saat ini fitur tersebut sudah masuk tahap uji coba, harusnya peluncurannya nggak bakal lama lagi.


Kalau kamu ingin memberikan pertanyaan atau masukkan, silakan tulis di kolom komentar atau kirim  email  ke [email protected]