Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Windows 11 Bisa Memasang Aplikasi Android Lewat APK

aplikasi android di windows 11
Anom Penulis

Pada pengumuman Windows 11, Microsoft menyebutkan kalau kita bisa memasang aplikasi Android melalui Amazon App Store. Namun kabarnya, kita juga akan bisa memasangnya melalui APK. Hm, menarik bukan?

Pengumuman yang dilakukan oleh Panos Panay itu memang cukup mengejutkan. Salah satunya karena menunjukkan Windows (tepatnya Microsoft) yang semakin terbuka. Di sisi lain, masalah bagaimana aplikasi itu berfungsi menjadi pertanyaan.

Panos Panay menyebutkan kalau kita bisa memasang aplikasi Android melalui Amazon App Store. Lalu kita bisa memakainya seperti aplikasi Windows lain, termasuk menggunakan fitur Snap.

aplikasi android tiktok di windows 11

Akses melalui bursa Amazon itu menarik.

Pertama, ada bursa aplikasi dalam bursa aplikasi. Kedua, hal ini bisa berarti kalau aplikasi Android yang ada “hanyalah yang tersedia” di bursa tersebut. Ketiga, Wall Street Journal memberikan informasi lebih jauh bahwa kita harus mengakses Amazon App Store itu memakai akun Amazon.

Lalu bagaimana dengan mereka yang tidak punya atau tidak mau memakai akses Amazon?

Menurut Miguel de Icaza, salah satu pengembang di Microsoft, kamu bisa memasang aplikasi Android di Windows 11 lewat APK. Ia menjawab pertanyaan ini melalui Twitter.

Aplikasi Android bisa hadir di Windows 11 melalui apa yang disebut sebagai “Windows Subsystem for Android” (WSA). Sebelum ini, Windows sudah memiliki fitur “Windows Subsystem for Linux” (WSL). Karena Android dibangun berdasar kernel Linux, nampaknya Microsoft memanfaatkan trik serupa.

aplikasi android tiktok di windows 11

Microsoft juga menjembatani aplikasi untuk perangkat berbasis chipset ARM (misal smartphone) melalui teknologi Intel Bridge. Lalu walau membawa nama Intel di teknologi itu, sistem ini juga bekerja pada komputer dengan prosesor AMD.

Teorinya, kamu juga bisa memasang aplikasi Android dengan APK melalui bursa alternatif seperti F-Droid atau APKmirror.

Baca Juga:  Begini Cara Install Aplikasi Android di Windows 11 Tanpa Emulator

Lalu, apakah aplikasi Android itu bisa berfungsi mulus seperti di smartphone? Bagaimana dengan penggunaan mouse dan keyboard? Hm, ini yang masih perlu kita lihat nanti. Sejauh dari presentasi Microsoft, semua kayaknya oke-oke saja.