Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner

Bocoran Spesifikasi Xiaomi 12 Bakal Punya Triple-Camera 50MP

Indri Penulis

Bocoran soal spesifikasi ponsel Xiaomi 12 mulai bertebaran di internet. Kabarnya ponsel ini akan punya triple-camera berukuran 50MP!

Beberapa tahun ini, Xiaomi sudah cukup sering menggunakan sensor 108MP ke ponselnya. Contohnya bisa kita lihat di ponsel Mi 11 dan Mi MIX 4.

Tapi sayangnya meski sensor utamanya berukuran super besar, sensor ultra-wide dan telefotonya masih di angka yang cukup rendah.

Namun sepertinya itu akan berubah di ponsel Xiaomi 12 ( sekarang nggak ada lagi nama ‘Mi’). Sebab dengar-dengar Xiaomi akan menggunakan pengaturan triple-camera 50MP.

Kabar ini pertama kali disampaikan oleh leaker terkenal Digital Chat Station. Kalau bocoran ini benar, maka Xiaomi 12 akan punya kamera utama 50MP, ultrawide 50MP dan telefoto 50MP.

Sumber : Digital Photography Review

Khusus buat sensor telefoto, kemungkinan besar bakal menggunakan periskop 5x. Xiaomi kabarnya telah memiliki periskop 10x. Namun kalau periskop 5x digabungkan dengan sensor beresolusi tinggi, mereka akan menghasilkan zoom yang lebih halus dan berkualitas tinggi.

Sebelumnya, Xiaomi sempat dirumorkan akan memakai sensor 200MP bikinan Samsung. Sensor ini kemungkinan akan dipakai untuk varian Xiaomi 12 Ultra.

Untuk spesifikasi lainnya, kemungkinan Xiaomi 12 akan menggunakan layar LTPO AMOLED dengan kecepatan refresh adaptif yang bekerja pada kisaran 1 – 120Hz. Nggak hanya itu, ponsel ini kabarnya akan ditenagai chipset Snapdragon 898 dengan RAM LPDDR5X.

Sementara itu, Digital Chat Station mengungkapkan kalau Xiaomi saat ini masih dalam tahap verifikasi desain. Jadi detil spesifikasi Xiaomi 12 Series ‘versi akhir’ mungkin berbeda.

Di sisi lain, ini bukan pertama kalinya ada rumor ponsel flagship pakai sensor 50MP. Beberapa bulan lalu Samsung juga sempat diterpa kabar ini.

Gosipnya Samsung Galaxy S22 dan S22+ juga akan pakai sensor 50MP. Beda dengan Xiaomi yang ketiga sensornya berukuran 50MP, Samsung gosipnya akan memadukan sensor utama 50MP dengan sensor telefoto 12MP dan ultrawide 12MP.

Hm, apa ini artinya sensor hingga ratusan megapiksel sudah nggak laku lagi? Hehehe.

    %d blogger menyukai ini: