Xiaomi Terjun ke Bisnis Mobil Listrik: Siap Investasi $10 Miliar untuk 10 Tahun ke Depan

Xiaomi umumkan bahwa mereka siap terjun ke bisnis mobil listrik. Bahkan perusahaan siap menginvestasikan $10 miliar untuk 10 tahun ke depan.

Pada tanggal 30 Maret lalu, Xiaomi baru saja menggelar event besar yang kedua, setelah yang pertama pada tanggal 29 Maret dipakai untuk meluncurkan Xiaomi Mi 11 Series.

Dalam acara kedua, Xiaomi membuat beberapa pengumuman. Salah satunya adalah mengumumkan ponsel lipat pertamanya, Xiaomi MI MIX FOLD.

Di sisi lain, Xiaomi juga merilis pengumuman yang mengatakan bahwa mereka bakal mendirikan anak perusahaan yang fokus ke pembuatan mobil listrik.

Xiaomi Siap Dirikan Perusahaan Mobil Listrik

Dalam pengumumannya, Xiaomi mengatakan bakal menginvestasikan sekitar $10 miliar selama 10 untuk 10 tahun ke depan, di mulai dengan investasi awal sebesar $1,5 miliar.

Perusahaan asal China ini bakal mendirikan anak perusahaan ‘khusus’ untuk menjalankan bisnis kendaraan listriknya. Lei Jun, CEO Xiaomi, juga bakal menjabat sebagai CEO di anak perusahan itu.

Sumber Gambar : GSMArena

Nampaknya, pasar kendaraan listrik bakal menjadi medan pertempuran yang sengit untuk raksasa smartphone ya. Bagaimana tidak, Apple sekarang juga sedang mengerjakan mobil listrik. Perusahaan ini tengah mencari mitra yang akan memasok suku cadang mobil, sedangkan Apple fokus ke baterai dan teknologinya.

Tak sendirian, bulan lalu kabarnya Huawei juga ingin membuat mobil listrik. Info yang belum dikonfirmasi mengklaim kalau perusahaan telah mendekati Changan Automobile (perusahaan mobil milih negara China), BluePark New Energy Technology dan mitra potensial lainnya.

Samsung SDI (anak perusahaan Samsung yang mengakuisisi Harman beberapa tahun lalu), juga telah membuat baterai untuk kendaraan listrik. Terakhir, adalah LG Energy Solutions yang juga membuat baterai EV untuk mobil listrik.

Hm.. Benar-benar panas ya. Kita tinggal tunggu saja masing-masing mobil listrik ini melangsungkan debutnya, dan lihat betapa panasnya persaingan mereka nantinya.

%d blogger menyukai ini: