Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Xiaomi Black Shark 4 dan 4 Pro: Penampilan “Normal,” Spesifikasi Tetap Garang

Indri Penulis

Xiaomi resmi menapakkan kaki dalam persaingan ponsel gaming tahun ini. Lewat Black Shark 4 dan versi Pro, Xiaomi hadirkan spesifikasi harga yang oke.

Persaingan ponsel gaming 2021 telah resmi dimulai. Diawali dengan ‘rajanya ponsel gaming,’ ASUS ROG Phone 5 Series, kemudian dilanjut kabar dari Nubia Red Magic 6 Series akan rilis 9 April mendatang.

Tak mau ketinggalan, seri ke-4 ponsel gaming Xiaomi Black Shark akhirnya menampakkan batang hidungnya dan meluncur di Cina mendahului Nubia Red Magic 6 Series.

Baik Black Shark 4 atau versi Pro, mereka sama-sama menghadirkan pembaruan harga dan spesifikasi yang lebih baik dibanding pendahulunya.

Spesifikasi Harga Xiaomi Black Shark 4 dan 4 Pro

Seperti biasa dalam seri ini, Xiaomi Black Shark 4 akan menjadi model standar. Sementara Xiaomi versi Pro akan menjadi model yang lebih tinggi. Walau begitu, mereka berdua justru punya banyak kesamaan.

Sumber Gambar : Android Central

Black Shark 4 dan versi Pro memiliki tingkat touch-sampling 720Hz dengan touch delay 8.3ms, yang diklaim terbaik dalam industri. Kalau buat gamer biasa, mungkin spesifikasi ini tidak penting. Tapi buat game hardcore, mereka akan memerhatikan spesifikasi ini.

Di sisi lain, kedua ponsel ini juga memiliki tombol bahu mekanis seperti pendahulunya. Bedanya kali ini tombol tersebut telah diberi peningkatan ‘magnetic power lift.’ Membuatnya lebih taktil untuk di klik, dan desainnya lebih pas.

Beda dengan pendahulunya, Black Shark 4 dan versi Pro punya ukuran layar yang sama. Mereka berdua sama-sama memiliki layar Samsung E4 AMOLED 6,67 inci dengan refresh rate 144Hz. Mereka juga punya dual speaker menghadap ke depan dengan pemisahan audio spasial yang bagus.

Sumber Gambar : Android Central

Kedua ponsel ini sama-sama memiliki kamera selfie 20MP, meski kamera belakangnya berbeda. Mereka juga sama-sama ditenagai baterai 4.500mAh dengan pengisian daya 120W, dan memakai JOYUI 12.5 berbasis Android 11.

Baca Juga:  Smartphone realme C33 dan TWS realme Buds T100 Resmi Hadir, Kamera 50MP Harga 1 Jutaan

Nah, sekarang saya akan bahas perbedaan antara Black Shark 4 dan 4 Pro. Mulai dari versi Pro dulu. Ponsel ini muncul dengan chipset Snapdragon 888 dan sistem liquid-cooling dua lapis.

Xiaomi mengklaim, sistem ini mampu menurunkan suhu CPU hingga 18 ° C (64,4 ° F). Di bagian belakang ada tiga kamera dengan sensor utama 64MP, lensa ultra-lebar 8MP, dan sensor 5MP. Sementara Black Shark 4 menjalankan chipset Snapdragon 870 dengan kamera utama 48MP di bagian belakang.

Xiaomi Black Shark 4 Series sementara ini baru tersedia untuk pre-order di China. Hingga kini belum ada kabar tentang ketersediaannya secara global.

Black Shark 4 dibanderol mulai dari $385 untuk versi 6GB/128GB, dan $460 untuk versi 12GB/128GB. Di sisi lain Black Shark 4 Pro dijual dengan harga $615 untuk versi 8GB/256GB, dan $690 untuk versi 12GB/256GB.