Xiaomi Mi 10 akan Menggunakan RAM LPDDR5 Micron

Ada kabar terbaru yang datang dari Xiaomi Mi 10. Cikal bakal smartphone terbaru Xiaomi ini bakal hadir dengan RAM LPDDR5 Micron.

Dalam acara Snapdragon Tech Summit tahun lalu, Xiaomi mengkonfirmasi kalau mereka akan meluncurkan ponsel flagship. Ya apa lagi kalau bukan Xiaomi Mi 10 dan Mi 10 Pro.

Menariknya, smartphone ini bakal rilis bersamaan dengan Samsung Galaxy S20, yakni 11 Februari 2020. Hm, pasti akan ada persaingan sengit ya. Mengingat dua-duanya adalah smartphone flagship.

Bicara soal Mi 10, kabarnya ponsel ini akan ditenagai SoC Snapdragon 865. Namun baru-baru ini ada rumor lain yang mengatakan kalau Mi 10 akan memakai RAM LPDDR5 Micron.

Sumber Gambar : Sparrow News

Xiaomi Mi 10 dengan RAM LPDDR5 Micron

Menurut laporan dari XDA-Developers, Xiaomi Mi 10 akan hadir dengan RAM LPDDR5. Informasi tersebut bahkan telah dikonfirmasi oleh CEO dan co-founder Xiaomi, Lei Jun melalui Weibo.

Dalam postingannya, Jun mengungkapkan kalau perusahaan awalnya hanya ingin memasukkan LPDDR5 ke varian premium Mi 10. Tapi karena alasan khusus, perusahaan akhirnya menggunakan RAM ini ke semua varian Mi 10.

LPDDR5 sendiri adalah RAM terbaru yang berhasil dibuat oleh perusahaan asal Amerika, Micron. LPDDR5 diklaim sebagai RAM berdaya rendah pertama di dunia.

RAM LPDDR5 dari Micron memanfaatkan teknologi pengemasan canggih. Teknologi ini memungkinkan perusahaan menjejalkan RAM 12GB dalam satu die.

Sumber Gambar : Yuga Tech

Di sisi lain, RAM jenis ini mampu menawarkan transmisi mencapai 6,4 Gbps lho. Itu artinya, transmisi RAM ini hampir dua kali lebih cepat dibanding LPDDR4.

Tidak hanya itu, LPDDR5 juga diklaim 20% lebih cepat dari pada LPDDR4x. RAM ini telah dibekali fitur peningkatan kecepatan akses data sebesar 50%, serta konsumsi daya lebih rendah 20% dari pendahulunya.

Kalau dilihat dari penjelasan di atas, sepertinya RAM LPDDR5 terlihat sangat menjanjikan ya. Tapi seperti apa pengaruh LPDDR5 di Mi 10?

Micron menjelaskan kalau ponsel yang menggunakan RAM ini akan memiliki peningkatan daya tahan baterai 5 – 10%. Selain itu, RAM ini bisa memberikan kecepatan operasi yang lebih baik.

Kalau dibandingkan dengan LPDDR4, RAM baru ini jauh lebih cepat. LPDDR5 juga bisa meningkatkan kinerja aplikasi AR, mengurangi waktu pemrosesan foto 100MP dan mengedit video resolusi tinggi.

%d blogger menyukai ini: