Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Xiaomi Mi 11 Meluncur dengan Semua Spesifikasi Plus dan Satu Minus

Anom Penulis

Akhirnya Xiaomi mengumumkan smartphone unggulan terbaru mereka di Cina. Xiaomi Mi 11 baru ini memiliki berbagai fitur canggih masa kini, mulai dari chipset Snapdragon 888 sampai layar Gorilla Glass Victus. Sayangnya, ponsel baru Xiaomi ini datang tanpa charger di dalam boks.

Spesifikasi Canggih

Tentunya sebagai smartphone yang disebut flagship, Mi 11 punya segala kecanggihan masa kini. Baik dari sisi eksterior maupun interior.

Di sisi eksterior, kita bisa melihat Mi 11 memiliki layar lengkung dengan bingkai metal tipis (1,8mm) di pinggir bodi. Layar ini memakai panel AMOLED QHD+ yang dilindungi oleh teknologi pelindung terbaru Gorilla Glass Victus. Penampilannya cukup seksi.

Layar ini juga mendukung refresh rate sampai 120Hz. Namun, refresh rate ini tidak bisa kita ganti secara manual. Layar akan berganti, antara 30Hz, 60Hz, 90Hz, dan 120Hz, tergantung konten. Jadi lebih hemat pemakaian daya.

Di sisi interior, Xiaomi Mi 11 memakai salah satu chipset paling canggih saat ini, yaitu Snapdragon 888. Chipset ini meningkatkan kinerja AI dan pengolahan gambar Spectra ISP dari Qualcomm. Menemani chipset ini, terdapat RAM 3200MHz LPDDR5 sampai 12GB dan penyimpanan UFS 3.1 sampai 256GB.

Untuk soal foto dan video pun Xiaomi menyajikan sesuatu yang berbeda. Modul kamera Xiaomi Mi 11 hanya punya 3 kamera. Kamera utama wide 108MP, kamera ultra-wide 13MP, dan kamera telemakro 5MP. Xiaomi mengurangi jumlah kamera demi memakai ukuran sensor yang lebih besar. Sedangkan di bagian depan, terdapat kamera selfie 20MP pada lubang di layar.

Nah, ini dia yang bikin heboh. Xiaomi meletakkan baterai 4600mAh dengan pengisian cepat lewat kabel sampai 55W dan secara nirkabel sampai 50W. Hanya saja, Xiaomi tidak menyertakan charger di dalam boks penjualan. Namun, katanya Xiaomi akan memberikan charger 55W GaN senilai $15 secara terpisah bisa konsumen mau.

Baca Juga:  Rumor: Xiaomi Juga Bikin Ponsel dengan Sensor Kamera 200MP

Harga & Ketersediaan

Pada peluncuran perdana ini, Xiaomi Mi 11 baru tersedia untuk wilayah Cina. Ada 3 pilihan kombinasi RAM dan penyimpanan. Versi 8GB+128GB dengan harga RMB 3999, 8GB+256GB dengan harga RMB 4299 , dan 12GB+256GB dengan harga RMB4699.

Untuk warna, seperti informasi yang bocor, Xiaomi Mi 11 hadir dengan pilihan Midnight Gray, Horizon Blue, dan Frost White untuk bahan kaca; lalu Lilac Purple dan Honey Beige untuk bahan kulit vegan. Menariknya, ada satu edisi khusus dengan tanda tangan co-founder Xiaomi, Lei Jun.

Nah, buat kamu fans Xiaomi, walau ponsel ini baru hadir di daratan Cina, paling tidak bisa memberi gambaran secara resmi. Tinggal tunggu saja kehadiran ponsel ini di Indonesia.