Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Xiaomi Buat ‘Mi Air Charge’ – Bisa Isi Daya Perangkat Lewat Udara

Indri Penulis

Xiaomi mencetuskan teknologi baru bernama Mi Air Charge. Teknologi ini mampu mengirimkan daya 5W dari jarak jauh.

Selama 18 bulan terakhir, Xiaomi telah menghadirkan banyak trobosan unik, terutama dalam hal pengisian nirkabel.

popculture.id

Contohnya bisa kamu lihat di ponsel flagship Mi 10, di mana ponsel ini menampilkan pengisian nirkabel 30W untuk versi standarnya. Bahkan baru-baru ini, Xiaomi kabarnya juga mempersiapkan teknologi fast-charging 80W yang akan dipakai untuk Mi 11 Pro.

Lepas dari ponsel, Xiaomi sekarang gantian memamerkan teknologi pengisian 5W jarak jauh yang bisa dikirim ‘dalam radius beberapa meter.’ Teknologi ini mereka namakan sebagai ‘Mi Air Charge.’

Sumber Gambar : Mi Blog

Xiaomi Mi Air Charge Isi Daya Lewat Udara

Dijuluki sebagai Mi Air Charge, teknologi ini mampu bekerja secara jarak jauh melalui udara. Lalu bagaimana cara kerjanya?

Xiaomi mengatakan jika inti dari teknologi ini terletak pada pemosisian ruang dan transmisi energi. Di sisi lain, Xiaomi juga telah mengembangkan ‘self-developed isolated’ dengan antena interferensi lima fase bawaan yang bisa mendeteksi lokasi ponsel secara akurat.

Teknologi Mi Air Charge juga memakai array kontrol fase yang terdiri dari 144 antena. Komponen ini akan mentransmisikan gelombang milimeter-wide langsung ke ponsel lewat beamforming.

Di samping smartphone, Xiaomi juga telah mengembangkan susunan antena mini dengan ‘beacon antenna’ dan ‘receiving antenna array.’

Fungsi ‘beacon antenna’ untuk menyiarkan info posisi dengan konsumsi daya rendah. Sedangkan ‘receiving antenna array’ terdiri dari 14 antena pengubah sinyal milimeter-wide yang dipancarkan oleh tiang pengisi daya menjadi energi listrik.

Xiaomi mengatakan teknologi ini tidak hanya dipakai untuk smartphone saja. Namun dapat digunakan juga untuk speaker, smartwatch, smartband, lampu meja, dan perangkat smart home lainnya.

Serunya, teknologi tidak hanya mengisi daya perangkat satu-satu. Mi Air Charge mampu mengisi daya 5W ke semua perangkat dalam waktu bersamaan.

Sayangnya hingga kini perusahaan tidak menyebutkan kapan teknologi Mi Air Charge akan debut di produk konsumen. Yah, paling cepat mungkin tahun ini. Tapi bisa jadi debut Mi Air Charge bakal dimulai tahun depan.

Yah, kita tunggu saja debut dari Mi Air Charge.

    %d blogger menyukai ini: