Yes! Pelanggan YouTube Premium akan Bisa Download Video dari Web

Kabar bagus buatmu pelanggan YouTube Premium. Pasalnya pelanggan YouTube Premium sebentar lagi bisa download video lewat YouTube web.

YouTube memang layanan streaming video. Itu artinya kamu bisa streaming video apa pun yang ada di dalamnya, asalkan terkoneksi dengan internet.

Tapi ada kalanya pengguna YouTube ingin mengunduh video yang ada di dalamnya, agar bisa ditonton offline. Misalnya mengunduh video masak yang bisa ditonton kapan pun saat akan memasak.

Proses mengunduh video YouTube kini juga cukup mudah. Kamu tinggal pakai aplikasi pihak ketiga untuk mengunduhnya dari YouTube.

Namun tenang, sebentar lagi kamu nggak perlu repot-repot seperti itu. Khusus pelanggan YouTube Premium, kamu bakal bisa download video langsung dari situs YouTube web.

Kabar ini pertama kali dibeberkan oleh situs Android Police. Situs tersebut mengatakan kalau YouTube sekarang tengah menguji coba fitur tersebut. Pelanggan YouTube Premium di India dan Prancis juga sudah melihat uji cobanya.

Untuk mengaktifkan fitur tersebut, pelanggan YouTube Premium bisa menavigasikan ke laman YouTube Lab. Kalau memenuhi syarat, maka kamu bakal melihat tampilan seperti ini.

Sumber : Android Police

Kalau kamu mengaktifkan fitur tersebut, kamu nanti akan melihat tombol “Download” di bawah layar video. Posisinya sendiri tepat di sebelah kanan tombol “Share.”

Menurut penuturan YouTube, uji coba fitur ini hanya dilakukan sampai tanggal 19 Oktober 2021. Uji coba ini juga hanya bisa dinikmati oleh pengguna Chrome, Edge dan Opera Browser versi terbaru.

Pertanyaannya, bagaimana cara memutar video unduhan? Gampang. Untuk memutar video yang diunduh, kamu cukup pergi ke “youtube.com/feed/downloads” (atau bisa kamu temukan di panel navigasi samping).

Oya, kamu juga bakal bisa memilih kualitas video unduhan. Maksimum kualitas video yang bisa kamu unduh adalah 1080p (walau pun video aslina beresolusi 1440p atau lebih tinggi). Kamu juga bisa menghapus video dari cache browser-mu.

%d blogger menyukai ini: