Goodbye… YouTube Rewind Resmi Dihapus Selamanya!

Ada kabar bagus buatmu yang selama ini nggak suka sama YouTube Rewind. Pasalnya YouTube Rewind resmi dihapus selamanya!

Penggila YouTube mungkin sudah familiar dengan Rewind. Jadi Rewind adalah kumpulan video (baik tren, konten kreator, meme, dll) paling populer yang diposting saat akhir tahun oleh YouTube.

Sekilas YouTube Rewind bakal mengajakmu nostalgia dengan video-video viral selama setahun. Tapi sayangnya Rewind juga dibenci banyak orang.

Bahkan dulu YouTube Rewind 2018 pernah dinobatkan sebagai video yang paling dibenci banyak orang. Bagaimana tidak, video YouTube Rewind berhasil mengantongi 10 juta dislike hanya dalam kurun waktu kurang dari 2 minggu setelah dirilis. Sungguh prestasi yang sangat ‘membanggakan’ bukan?

Sebenarnya belum diketahui kenapa video Rewind 2018 sampai dibenci seperti itu. Tapi konon, alasan  Rewind dibenci karena YouTube nggak ikut menyertakan salah satu video tertentu yang menjadi terkenal pada awal tahun 2018.

Nah, baru-baru ini YouTube memberikan informasi (yang saya yakin bakal disukai banyak orang) kepada TubeFilter. YouTube mengatakan kalau fitur Rewind resmi dihapus selamanya. Itu artinya kita nggak bakal pernah melihat lagi video YouTube Rewind di tahun-tahun yang akan datang.

Sebagai gantinya, YouTube bakal lebih fokus menghadirkan pengalaman yang berbeda. Sayangnya YouTube nggak membeberkan apa yang bakal menggantikan Rewind nantinya.

Untuk sementara ini YouTube bakal mengandalkan konten kreator di platform-nya untuk mengisi kekosongan Rewind. Caranya gimana?

Kreator YouTube bakal bisa merekap video mereka selama setahun, dan selanjutnya diposting saat akhir tahun. Konsepnya mirip Rewind, cuma video-nya dirangkum sendiri oleh sang kreator (wah sepertinya YouTube mau cari aman biar nggak dihujat netizen nih).

Sementara itu, kabar soal YouTube yang menghapus Rewind selamanya sebenarnya bukanlah berita mengagetkan. Pasalnya YouTube sudah memberi spoiler sejak tahun 2020. Mereka bilang karena alasan pandemi, Rewind 2020 ditiadakan.

%d blogger menyukai ini: