YouTube Shorts Versi Beta Resmi Hadir. Apa yang Menarik Darinya?

YouTube Shorts versi beta resmi hadir di lebih dari 100 negara termasuk Indonesia. Apa saja hal menarik yang ada di fitur ini?

Sudah sejak tahun lalu YouTube mengumumkan fitur Shorts. Ini adalah fitur yang memungkinkanmu membuat video vertikal berdurasi pendek, mirip TikTok dan Instagram Reels.

Awalnya, fitur Shorts versi beta cuma diluncurkan di 26 negara saja. Tapi baru-baru ini, YouTube mengumumkan kalau Shorts versi beta resmi hadir di lebih dari 100 negara (termasuk Indonesia).

Yang Menarik dari YouTube Shorts

Inti dari YouTube Shorts adalah video vertikal berdurasi pendek. Kalau dulu kita cuma bisa nonton video Shorts milik orang lain dan bikin video sendiri (tapi dengan trik dan hashtag #shorts), sekarang kita sudah bisa mencobanya di aplikasi YouTube ‘tanpa trik dan hashtag #shorts.’

Untuk membuat Shorts, kamu cukup buka beranda aplikasi YouTube dan tekan tombol “+” dan pilih opsi “Buat video Shorts (Beta).”

Nah, di sana kamu bakal melihat beberapa fitur yang nggak asing dan mirip seperti di TikTok (tapi belum selengkap TikTok sih). Katakanlah seperti fitur “Teks” dan “Suara”.

Selain itu, YouTube juga telah menghadirkan beberapa fitur baru dalam Shorts versi beta terbaru. Inilah beberapa fitur barunya:

  • Bisa tambahkan teks ke bagian tertentu di video-mu.
  • Bisa mencomot audio dari Shorts lain untuk di-remix sesuai kreasimu.
  • Bisa otomatis menambahkan teks ke Shorts.
  • Adanya durasi lebih panjang yakni 60 detik (sebelumnya cuma 15 detik).
  • Bisa tambahkan klik dari galeri ponsel, untuk ditambahkan ke rekaman kamera Shorts.
  • Adanya filter dasar untuk mengoreksi warna Shorts-mu (akan ada lebih banyak efek di masa mendatang).

YouTube mengatakan saat ini mereka telah bekerja sama dengan lebih dari 250 label dan penerbit di seluruh dunia. Seperti Universal Music Studio, Sony Music Entertainment, Warner Music Group, dll, untuk menghadirkan audio/musik ‘resmi’ ke dalam Shorts.

YouTube berjanji kalau daftar audio yang ada dalam Shorts bakal terus bertambah seiring berjalannya waktu. Mereka juga akan terus menghadirkan fitur-fitur baru ke dalam Shorts.

%d blogger menyukai ini: