zuccing facebook

Wabah Zuccing! Banyak Grup Facebook Mengubah Statusnya Dari Closed Menjadi Secret!

Zuccing membuat heboh! Jika kamu menjadi member dibanyak grup-grup besar yang ada di Facebook, pasti kamu menyadari ada sesuatu yang janggal beberapa hari terakhir ini. Karena ada banyak grup yang mengganti statusnya dari “closed” menjadi “secret”.

Hal tersebut banyak dilakukan para Admin-admin grup Facebook karena khawatir grup mereka akan “dimasuki” oleh beberapa orang yang dengan sengaja menyebarluaskan konten porno ataupun konten lainnya yang bisa mengakibatkan grup terkena banned. Itulah yang dinamakan “Zuccing”.

Sayangnya, kasus ini membesar karena ada beberapa orang di Indonesia yang tergabung dalam grup “Indonesian Reporting Commission” yang masuk bersamaan ke dalam grup meme bernama Crossovers Nobody Asked For, lalu melakukan report terhadap konten yang ada yang menyebabkan grup terkena suspend dalam beberapa jam.

zuccing facebook

Karena kasus tersebut, banyak grup-grup yang mengganti statusnya menjadi “secret”. Jika status sebuah grup masih “closed”, semua orang masih bisa mencarinya di kolom search Facebook dan join walaupun ada beberapa pertanyaan yang harus dijawab dan nantinya akan di accept oleh admin yang bertugas.

Sementara “secret” grup tidak bisa dicari pada kolom search dan yang ingin masuk harus mendapat invitation dari admin agar moderasi konten dalam grup tersebut bisa lebih terkontrol.

Setelah grup CNAF (Crossover Nobody Asked For) kembali, konten grup tersebut penuh dengan meme yang menyinggung orang-orang dibalik IReC (Indonesian Reporting Commission) dan Mark Zuckerberg seperti yang dibawah ini:

zuccing facebook

Komentar pihak Facebook

“Pihak kami menghapus banyak grup dari Facebook setelah terdeteksi memiliki konten yang melanggar peraturan Facebook. Lalu kamu menyadari jika ada beberapa konten yang telah disabotase padahal grup-grup tersebut adalah grup biasa. Sekarang kami sedang melakukan pengembalian grup yang terhapus dan berharap semoga kejadian ini tidak terulang kembali”, ucap juru bicara Facebook.

zuccing facebook

Krish Munot, selaku admin dari “Subtle Asian Tech” dan “HH Interview Experiences” mengatakan jika dia menggantu status grupnya dari “closed” ke “secret” setelah kemarin ramai kasus antara CNAF dan IReC.

“Saya menjadikan grup “secret” karena mengetahui ada grup dari Indonesia yang dengan sengaja memposting konten vulgar dan melakukan report konten tersebut pada grup-grup yang ada di Facebook yang membuat grup tersebut terkena banned.” ucap Munot.

Selain Krish Munot, banyak juga admin-admin grup lain yang takut terkena dampak dari “Zuccing”. Tindakan vandalisme seperti ini sangat merugikan banyak orang, terutama untuk mereka yang memang mencari nafkah dari grup-grup Facebook.

More Stories
6 Rekomendasi Game Tema Pramuka Android