Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner

13 Tips Windows 10 Mobile yang Perlu Diketahui

Anom Penulis

Sambil mencoba build 10586.63 yang belum lama dirilis, bolehlah kiranya kami membahas berbagai tips Windows 10 Mobile. Tips ini berupa beberapa tindakan yang bisa dilakukan untuk mempermudah penggunaan handphone Windows.

Beberapa tips terhitung baru, sementara beberapa sudah hadir di Windows Phone 8.1. Lalu kenapa masih ditulis? Yah, siapa tahu ada pengguna yang belum mengetahuinya. Selain itu, kita juga bisa melihat tindakan apa yang berguna di Windows Phone dan masih dipelihara sampai di Windows 10 Mobile.

popculture.id

Tips ini mungkin bisa juga jadi refleksi. Tindakan apa saja yang lebih nyaman dilakukan di Windows Phone dan mana yang nyaman dilakukan di Windows 10 Mobile. Misalnya untuk menghilangkan notifikasi yang muncul di layar.

Tips Windows 10 Mobile

  1. Pencet tombol Start/Windows untuk menurunkan layar dan mempermudah jangkauan.
    Untuk informasi lebih lengkap, baca artikel tentang Start Screen Windows 10 Mobile.
  2. Mengecilkan ukuran DPI scaling di handphone layar kecil (di bawah 5 inci) bisa menampilkan Start Screen dengan empat tile medium berjejer (show more tiles), lima tile quick action, dan tampilan 2×2 2×1 App Switcher.
    Untuk informasi lebih lengkap, baca artikel tentang Show More Tiles Windows 10 Mobile.
  3. Kalau memilih menampilkan tombol bahasa di keyboard, tekan dan tahan tombol tersebut akan memunculkan pilihan setting dan bahasa. Tekan tombol bahasa akan menampilkan paket bahasa keyboard yang di-install.
  4. Di handphone dengan layar di atas 5 inci, di spacebar akan ada tanda = (dua garis horizontal). Tekan, tahan spacebar dan geser akan memindah posisi keyboard.
    Untuk informasi lebih lengkap, baca artikel tentang Keyboard Windows 10 Mobile.
  5. Hampir semua bagian bisa di-pin ke Start Screen. Mulai dari akun email berbeda di Outlook, folder email, album musik di Groove, kategori di Setting, lokasi di peta, catatan di OneNote, dll.
  6. Memencet tombol volume dan tombol power bersamaan akan membuka aplikasi Feedback. Menekan kedua tombol itu lebih lama akan membuat handphone soft reset (seperti Windows Phone 8.1).
  7. Swipe notifikasi (toast notification) ke atas akan menghilangkannya (di Windows Phone 8.1 dilakukan dengan swipe ke kanan).
  8. Swipe notifikasi ke kanan di notification center akan menghapus notifikasi tersebut. Sedangkan swipe nama aplikasi (misal Facebook) akan menghapus semua notifikasi dari aplikasi yang bersangkutan. Swipe dengan dua jari menghapus semua notifikasi. Di Windows Phone 8.1, sekali swipe akan menghapus semua notifikasi untuk satu aplikasi yang sama.
  9. Tekan sekali tile quick action untuk on/off, tekan dan tahan untuk membuka halaman Setting pilihan yang bersangkutan.
  10. Layar Action & Notification center bisa diturunkan sampai Action Center saja, tidak harus sampai Notification Center (seperti Windows Phone 8.1).
  11. Tekan ikon di bilah volume untuk berpindah antara nada dering atau getar (nada dering non-aktif), volume media aktif atau diam/mute (seperti Windows Phone 8.1).
  12. Setelah selesai mengatur volume, tekan tombol back/kembali untuk menutup bilah volume (seperti di Windows Phone 8.1).
  13. Tekan tombol volume dan bersamaan tiga kali, maka handphone akan bergetar tiga kali, dan layar akan berkedip. Konon aksi ini melakukan refresh untuk aplikasi yang ngadat (belum terbukti 😀 ).

Itulah beberapa tips Windows 10 Mobile, yang sejauh ini kami ketahui. Kalau ada tips lain yang belum disebutkan, silakan berbagi di kolom komentar.

Tips ini ditulis berdasarkan Windows 10 Mobile Insider Preview build 10586.63.

    %d blogger menyukai ini: