Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

4 Cara Membuat Instagram Story Kekinian dan Aesthetic Terbaru

Coba Tips Ini Supaya Hasil Story IG Kamu Terlihat Aesthetic dan Cantik Seperti Selebgram

4 Cara Membuat Instagram Story Kekinian dan Aesthetic Terbaru
Febri Penulis

Pengguna Instagram sudah bisa membuat Instagram stories. Bagaimana cara membuat Instagram story atau berbagi foto dan video di stories menjadi cara tersendiri untuk berbagi secara lebih personal. Dengan hilangnya konten dalam waktu 24 jam, pengguna bisa lebih leluasa berbagi tanpa harus terlalu jaim.

  • Solusi Cepat
    Untuk membuat story IG kamu bisa buka aplikasi Instagram terlebih dahulu > Swipe layar ke kanan saat sudah berada di halaman beranda Instagram > Ambil foto/video yang ingin kamu bagikan > Bagikan moment tersebut ke pengikut Instagram kamu.

Cara Membuat Instagram Story

Untuk yang baru mau mencoba, berikut ini kami berbagi cara membuat Instagram Stories. Bukan apa-apa, fitur ini sebenarnya bisa disebut aplikasi di dalam aplikasi. Jadi mungkin ada yang masih bingung.

Paling tidak ada dua cara membuat Instagram Stories. Pertama, kamu bisa membuatnya dari kamera langsung. Kedua, kamu bisa membuat Instagram Stories dari galeri foto.

Pada dasarnya membuat story di Instagram ada dua cara yang bisa kamu lakukan, seperti membuat story foto/video yang diambil secara langsung atau story yang diunggah dari galeri.

Jadi saya buat panduannya terpisah saja supaya kamu mudah memahaminya.

1. Cara buat story IG langsung dari kamera

  1. Buka aplikasi Instagram.
  2. Saat berada di feed atau beranda Instagram, silakan swipe layar ponsel dari kiri ke kanan (maka menu story Instagram akan kamu lihat).
  3. Saat berada di menu story kamu bisa langsung membuat story IG, dengan cara tap satu kali tombol lingkaran yang di tengah untuk mengambil foto dan tahan tombol tersebut untuk mengambil video.
  4. Lalu setelah kamu mengambil foto/video, kamu bisa langsung unggah menjadi story dengan tap ikon panah ke kanan untuk mengunggah.
  5. Selesai.
  • TIPS
    Saya tidak merekomendasikan kamu mengunggah story IG langsung dari kamera melalui aplikasi Instagram secara langsung karena nanti hasil kompresi file nya akan jelek alias tidak bagus, apalagi kamu pengguna Android. Lebih baik saat unggah story selalu menggunakan file dari galeri.

Pastikan saat ingin mengunggah story di Instagram langsung menggunakan kamera bawaan aplikasi Instagram, kamu menunjukan sesuatu yang memiliki nilai atau value atau setidaknya bisa menarik perhatian pengikut.

Baca Juga:  Asikkk.. Instagram Sekarang Punya Fitur Pin Post dan Reels!

Biasanya untuk kasus seperti saat ini, kebanyakan orang-orang lebih tertarik dengan sesuatu yang terlihat natural apa adanya, jadi tidak perlu terlihat fake saat ingin mengunggah apapun ke story IG.

Selain terlihat natural, pengguna Instagram juga suka melihat sesuai yang terlihat berlebihan atau sesuatu yang belum pernah mereka bisa rasakan atau miliki saat itu.

2. Cara buat story Instagram pakai foto/video di galeri

Pada dasarnya cara membuat Instagram story kedua ini sama dengan panduan yang sudah saya buat di atas, hanya saja panduan kedua ini tidak menggunakan kamera langsung dari aplikasi Instagram melainkan melalui galeri, bagaimana caranya? silakan simak panduannya berikut:

  1. Buka aplikasi Instagram.
  2. Swipe aja layar ke kanan saat berada di halaman feed IG atau tap ikon tambah cerita (+).
  3. Saat muncul di menu story IG, gulir layar ke atas untuk membuka menu galeri.
  4. Pilih foto/video yang ingin diunggah menjadi story IG.
  5. Lalu tekan tombol bagikan atau share.
  6. Selesai, story Instagram berhasil dibuat.
Buat story Instagram pakai foto atau video di galeri
  • TIPS
    Saat mengunggah foto/video ke dalam story IG saya sarankan menggunakan file dengan resolusi yang direkomendasikan oleh Instagram yaitu 1.080 x 1.920 piksel. Jangan unggah file yang memiliki resolusi lebih rendah atau lebih tinggi jika ingin hasil yang maksimal & optimal.

3. Cara buat story IG kekinian dan keren

Untuk membuat story IG kekinian dan keren, kamu bisa memanfaatkan berbagai fitur yang sudah disediakan sama Instagram, seperti fitur:

  1. Menggunakan teks.
  2. Boomerang.
  3. Kolase atau kumpulan foto lebih dari satu membentuk sebuah frame album foto.
  4. Hands-free untuk membuat video dengan cara merekam tanpa harus menahan tombol rekam video.
  5. Rankap, ini merupakan fitur terbaru story IG yang memungkinkan pengguna mengunggah foto/video dari kamera depan dan belakang secara bersamaan.
  • TIPS
    Gunakan fitur yang sudah disediakan oleh Instagram ini dengan sekreatif mungkin. Dengan begitu kamu bisa mengungga story IG yang keren dan juga kekinian.

Dari bebrapa fitur yang sudah ada, kamu bisa gunakan fitur-fitur tersebut untuk membuat story Instagram kamu terlihat jadi lebih menarik untuk dilihat.

Kalau menurut kamu, paling suka pakai fitur story IG yang mana nih? oh iya, untuk fitur story Instagram sebenarnya tidak hanya itu saja.

Baca Juga:  Cara Membuat Akun Instagram Baru di Laptop/HP

Kamu juga bisa menambahkan stiker di story Instagram dan juga memasukan musik di story Instagram loh.

4. Cara membuat story IG aesthetic seperti selebgram viral

Seperti namanya, kamu bisa mempercantik tampilan story Instagram kamu jadi jauh lebih menarik dan tampak aesthetic (estetik), caranya kamu bisa menggunakan fitur filter yang sudah disediakan pada story Instagram.

Sebelumnya saya sudah pernah membagikan informasi tentang filter Instagram untuk selfie supaya terlihat aesthetic dan cantik.

Kamu bisa cek dan coba gunakan filter tersebut, pasti nanti hasil foto/video yang kamu unggah ke story IG akan jadi terlihat lebih menarik seperti selebgram memposting story mereka.

Contoh filter IG aesthetic yang kekinian (viral) saat artikel ini saya buat adalah filter yang bisa membuat wajah kita tampak blur atau tidak jelas seperti gambar di bawah:

Filter Instagram untuk Selfie Jadi Aesthetic dan Cantik - Blur on My Face

Tips Percantik Story IG dengan Stiker atau Tulisan

Tips kelima yang ingin saya rekomendasikan ke kamu untuk mempercantik tampilan story IG jadi lebih menarik dilihat adalah dengan menambahkan stiker, stiker avatar, ataupun tulisan di story.

Dengan begitu unggahan story kamu akan terlihat lebih emosional dan menunjukan ekspresi personal kamu dan ini merupakan bagian terpenting juga untuk mendapatkan atensi dari teman atau pengikut kamu di Instagram.

4 Cara Membuat Instagram Story Kekinian dan Aesthetic Terbaru

What’s Next: Cara Unggah Story Instagram Mana yang Lebih Menarik?

Dari sekian panduan cara membuat Instagram story mana yang menurut kamu paling enak untuk diikuti atau mana yang paling mudah untuk dipahami?

Saat ingin mengunggah story IG, kamu bisa menentukan apakah cerita IG itu ingin dibagikan ke publik, teman dekat atau orang tertentu. Jadi pastikan kamu sudah menentukan cerita apa saja yang ingin kamu bagikan ke dalam fitur story IG yang tampil hanya selama 24 jam saja.

Jika panduan cara membuat Instagram Story di atas dirasa masih kurang jelas atau sulit dipahami, kamu bisa sampaikan pertanyaan di kolom komentar di bawah, nanti kita diskusikan bersama ya.


Jika ada pertanyaan atau saran lebih lanjut, silakan tulis di kolom komentar atau kirim email ke [email protected] Kamu juga bisa berlangganan berita atau artikel seputar teknologi, aplikasi & internet seperti di atas melalui halaman urbandigital di Google News.