Adobe Kembangkan Fitur Live Streaming di Aplikasi Creative Cloud

behance live streaming

Adobe mengumumkan bahwa mereka sedang mengembangkan fitur live streaming di dalam aplikasi Creative Cloud. Dengan fitur ini para profesional di bidang kreatif bisa berbagi tips dalam berkarya dengan lebih mudah.

Seiring dengan berkembangnya teknologi, video memang menjadi media pilihan untuk berbagi konten. Dengan semakin baiknya jaringan internet, tayangan video langung pun semakin diminati.

Saat ini mungkin live streaming game memang menjadi primadona. Berbagai layanan seperti Twitch, YouTube, dan Mixer mengetengahkan live streaming game sebagai kontennya. Tidak heran beberapa gamer bisa menjadi megastar dan menghebohkan ketika mereka pindah layanan. Seperti Ninja dan Shroud.

Di sisi lain, video tips dan trik juga merupakan konten yang disukai. Kamu bisa menemukan video seperti ini dengan mudah di YouTube. Termasuk kalau kamu mencari tutorial di bidang kreatif, termasuk pemakaian produk Adobe. Misalnya tips Photoshop, Illustrator, dll.

live streaming di adobe fresco
Live streaming di Adobe Fresco (gambar: The Verge)

Scott Belsky, Pimpinan Produk di Adobe, menggambarkan fitur live streaming di aplikasi Adobe Creative Cloud seperti pengalaman di Twitch, namun dengan nuansa edukasi yang bisa menyaring video bagi mereka yang ingin belajar peralatan edit tertentu.

Ini akan berguna bagi mereka yang sedang belajar atau mereka yang mencari pendekatan efisien ketika berkarya. Pengguna bisa melihat bagaimana para profesional memilih dan memakai peralatan untuk mencapai efek tertentu.

Scott Belsky juga menyebutkan kalau para pekerja kreatif (designer) lebih banyak belajar ketika mereka duduk berdampingan dengan designer lain, bukan dari sekolah (yang mungkin lebih banyak teori atau kurang spesifik). Ia berpendapat pengalaman itu harus mencapai skala yang lebih besar.

Saat ini fitur live streaming tersebut sedang mengalami uji coba di aplikasi Adobe Fresco untuk beberapa pengguna tertentu. Seperti fitur sejenis di layanan lain, pengguna bisa mengirim link live stream, dan penonton bisa berkomentar.

live stream di behance
Live stream di Behance

Sebenarnya Adobe sendiri sudah memiliki kanal untuk video live stream melalui Adobe Live. Kanal ini bisa ditemui baik di Behance maupun di YouTube. Yang menarik, ada beberapa pekerja kreatif yang menyertai videonya dengan daftar peralatan edit yang mereka gunakan.