Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

5 Aktivitas Seru yang Bisa Dilakuin Pakai Ponsel Layar Lipat

Indri Penulis

Penasaran nggak sih, kira-kira apa saja aktivitas seru yang bisa kamu lakuin pakai ponsel layar lipat? Nih, simak jawaban lengkapnya di sini.

Makin ke sini, keberadaan ponsel layar lipat sudah makin banyak. Bahkan Samsung pun sekarang sudah mendebutkan jajaran ponsel lipat generasi ketiga mereka (Galaxy Z Fold 3 dan Flip 3). Belum lagi vendor-vendor lain seperti Huawei dan Xiaomi (Mi MIX Fold) yang juga nggak mau kalah bikin ponsel layar lipat.

Sayangnya karena harganya selangit, jumlah orang yang ‘bisa’ memiliki ponsel layar lipat masih jauh lebih sedikit dibanding pemilik smartphone konvensional. Jadi buat kamu yang mungkin saat ini sudah kesampaian punya ponsel layar lipat, mungkin bisa yah.. Sedikit berbangga diri lah. Tapi jangan sampai kamu menyia-nyiakan ponselmu itu ya.

Dari pada cuma dipakai buat aktivitas yang itu-itu saja, mending coba saja beberapa aktivitas seru yang bisa kamu lakuin pakai ponsel layar lipat.

Nah apa saja sih aktivitasnya? Yuk langsung aja kita kepoin!

Main Game ‘Ala-Ala’ Game Boy

Sebenarnya kamu bisa saja menjalankan emulator Game Boy (dan konsol lainnya) di smartphone biasa. Tapi karena desain ponsel layar lipat berbeda, ini yang jadi daya tariknya.

Sumber : Reddit

Kamu bisa main game retro favorit di ponsel, dan kontrol di layar juga bisa dengan mudah kamu tempatkan di bagian bawah ponsel tanpa perlu mengorbankan visibilitas. Mirip seperti gambar di atas lah.

Baca Novel atau Komik

Baca novel, komik, dll, lewat smartphone biasa memang bisa. Tapi pasti kamu pernah menemukan bacaan yang ukuran font atau gambarnya super kecil kan? Pasti menjengkelkan dong.

Sumber : Ubergizmo

Nah sekarang karena kamu sudah punya ponsel layar lipat, coba kamu baca novel, komik, atau bacaan favoritmu yang lain. Pasti ukuran font atau pun gambarnya bakal terlihat lebih besar. Nah, jadi mulai sekarang kamu nggak perlu repot-repot nge-zoom novel/komik lagi deh!

Konsol Gaming Portabel

Kalau kamu pemilik aplikasi Xbox, pada dasarnya kamu bisa mengubah ponsel layar lipatmu menjadi perangkat game portabel, mirip Nintendo Switch lho!

Sumber : Tom Guide

Kamu cukup gunakan fitur Remote Play di aplikasi Xbox. Dengan fitur itu, kamu bisa mengakses dan memainkan game di layar yang lebih besar.

Sekali lagi, kamu juga bisa melakukannya di smartphone biasa. Tapi kalau di ponsel layar lipat, visual yang ditampilkan ke mata jelas akan lebih besar dan jelas. Bahkan untuk game mobile biasa sekelas Call of Duty Mobile atau Fortnite pun pasti bakal jauh lebih oke kalau dimainkan di layar lebih gedhe.

Lebih Multitasking

Karena layar yang ditawarkan smartphone lipat lebih besar, kamu bisa lebih multitasking. Contohnya kamu bisa nonton video sambil bikin catatan, sampai cari-cari meme sambil nonton video, dll. Oya, kamu juga bisa membuka beberapa aplikasi dan bakal ditampilkan di layar secara bersamaan lho.

aktivitas pakai ponsel layar lipat
Sumber : Samsung

Ya, kamu juga bisa membuka aplikasi di layar terpisah pada ponsel biasa. Tapi balik lagi, ukuran aplikasi yang terbuka pasti akan terlihat ‘mini.’

Mengetik Novel

Semakin besar layar, semakin besar pula keyboard. Nah semakin besar keyboard, semakin nyaman pula pengalaman mengetik. Inilah yang juga ditawarkan oleh ponsel layar lipat. Ponsel layar lipat bakal memungkinkan kamu untuk mengetik lebih cepat, dan lebih akurat dengan jari tanganmu.

aktivitas pakai ponsel layar lipat
Sumber : XDA-Developers

Dari mengetik email atau pesan WhatsApp, sampai mengedit dokumen dan mengetik novel, semua bakal lebih mudah kalau kamu pakai ponsel layar lipat.