9 Album Soundtrack Film Keren dan Seru

lagu soundtrack film atau OST populer

Beberapa film layar memiliki tidak hanya film score (musik khusus untuk film tersebut), tapi juga soundtrack film dengan lagu-lagu populer. Lagu-lagu tersebut biasanya dibuat dan dipilih sesuai nuansa film yang bersangkutan.

Supaya sedikit lebih jelas, saya mau membahas sedikit tentang perbedaan keduanya.

Perbedaan Film Score dan Movie Soundtrack

Film score adalah musik yang dibuat khusus untuk film. Biasanya untuk memberi nuansa khas atau menambah dramatisasi film. Kebanyakan film score merupakan musik instrumental. Komposer yang terkenal untuk film score adalah Ennio Morrecone, Hans Zimmer, John Williams, Danny Elfman, dll.

Soundtrack sebenarnya adalah semua suara yang ada di dalam film; termasuk dialog, efek suara, musik, DAN lagu yang dibuat atau dilisensikan untuk film tersebut. Seringkali, saat bicara soal soundtrack film, perusahaan rekaman yang bekerjasama dengan studio film merilis album soundtrack yang justru tidak mengikut sertakan film score.

Richard Gibbs, seorang produser dan komposer, menjelaskan hal itu dengan baik. Ia menjelaskannya dengan contoh album soundtrack film Queen of The Damned yang ia buat bersama vokalis Korn, Jonathan Davis.

Album tersebutlah yang akan saya buat daftarnya.

[irp posts=”929″ name=”Mencari Lagu dengan Mudah Pakai SoundHound”]

Soundtrack Film Favorit

Jadi, yah… Selain karena di dalamnya terdapat lagu yang kemudian populer (dan identik dengan film itu), pemilihan album soundtrack film ini tentu saja berdasarkan kesukaan saya. ????

Jadi harap maklum kalau ada selera yang berbeda. Boleh juga kalau mau urun pendapat di kolom komentar. Siapa tahu punya referensi lain yang seru.

1. William Shakespeare’s Romeo + Juliet: Music from the Motion Picture

Film Romeo + Juliet besutan Baz Luhrmann ini terkenal karena membawa cerita karangan Shakespeare dengan latar modern (lengkap pakai pistol), tapi tetap dengan dialog aslinya. Album soundtrack film ini mempopulerkan beberapa lagu seperti #1 Crush (Garbage), Lovefool (The Cardigans), dan You and Me Song (The Wannadies).

2. Batman & Robin (Music From And Inspired By The Motion Picture)

Film Batman & Robin boleh mendapat kritik pedas (walau Alicia Silverstone tetap menggoda). Tapi soundtrack-nya cukup mantap. Terutama ada The End Is The Beginning Is The End dari The Smashing Pumpkins yang menang Grammy, Foolish Games dari Jewel, Gotham City dari R. Kelly, dan Look Into My Eyes dari Bone Thugs-n-Harmony.

3. Godzilla – The Album

Film Godzilla yang menerjemahkan tokoh monster asal Jepang ke versi barat ini juga mendapat kritikan fans. Namun filmnya tetap sukses, dan soundtrack-nya juga tidak kalah keren. Yang layak disebut dari album ini adalah lagu Heroes dari The Wallflower (dulu dibawakan oleh David Bowie), Deeper Underground dari Jamiroquai, dan Come With Me dari Puff Daddy (yang menerjemahkan lagu Kashmir dari Led Zeppelin dalam bentuk baru). Selain itu masih banyak lagi artis keren seperti Foo Fighter, Silverchair, dan Green Day.

4. Pirate Radio / The Boat That Rocked

Akhir-akhir ini mungkin The Guardian of Galaxy vol. 1 dan 2 merebut perhatian dengan lagu-lagu jadulnya. Tapi, Pirate Radio — atau judul lainnya The Boat That Rocked — berhasil membawa nuansa 60-an dengan dahsyat. Film ini bercerita tentang radio independen yang melakukan siaran dari sebuah kapal karena saat itu musik pop dan rock dilarang. Lagu-lagu yang ada di dalamnya mencerminkan hal itu.

[irp posts=”35985″ name=”Layanan Streaming Musik dan Radio Online Paling Populer”]

5. Suicide Squad: The Album

Film Suicide Squad juga boleh dianggap jelek (tapi Margot Robbie tetap hot ????), namun album soundtrack-nya mendapat tanggapan positif. Di dalamnya ada Heathens dari Twenty One Pilot, Without Me dari Eminem, Bohemian Rhapsody versi Panic! at the Disco, dan Sucker for Pain dari Lil Wayne, Wiz Khalifa, dan Imagine Dragon.

6. The Hunger Games: Catching Fire (Original Motion Picture Soundtrack)

Secara pribadi saya bukan fans film The Hunger Games: Catching Fire. Tapi menurut saya, album soundtrack-nya boleh disebut oke. Ada Coldplay dengan Atlas, Sia dengan Elastic Heart, juga Christina Aguilera dengan We Remain. Atlas yang juga hadir di film jadi lagu yang sangat ikonik.

7. 24 Hour Party People

Film ini bercerita tentang komunitas musik di kota Manchester di era 1976 sampai 1992, dan kebangkitan musik punk di Inggris. Soundtrack-nya juga penuh dengan nuansa punk dari band-band yang muncul di film tersebut. Mulai dari Sex Pistols, Joy Division, The Clash, New Order, juga Simply Red.

8. 8 Mile: Music from and Inspired by the Motion Picture

8 Mile, yang dibintangi Eminem, bercerita tentang perjuangan seorang rapper kulit putih menembus karir hip-hop, yang didominasi rapper kulit hitam. Tentu saja, dengan demikian, album soundtrack film ini juga penuh dengan jawara musik hip-hop. Mulai dari Eminem sendiri, Jay Z, Xzibit, Nas, dan 50 Cent.

9. Music From The Motion Picture “Once”

Once merupakan film musikal romantis tentang dua pemusik yang bekerja sama untuk eksis di dunia itu. Hampir semua lagu yang ada di album ini hadir di film tersebut. Album soundtrack film Once menerima nominasi Grammy. Lagu favorit saya adalah Falling Slowly, If You Want Me, dan Say It To Me Know.

%d blogger menyukai ini: