Alternatif Aplikasi Buatan Apple Bawaan iPhone

Anom Penulis

Apa aplikasi alternatif selain buatan Apple yang secara bawaan ada di iPhone? Mungkin pertanyaan itu muncul di benakmu ketika pertama kali menggunakan iPhone. Di sini kami membahas beberapa alternatif itu.

Ya. Ada kemungkinan kamu tidak suka dengan aplikasi buatan Apple yang ada secara bawaan di iPhone. Bisa jadi kamu lebih sering memakai akun dan layanan lain. Jadi tidak salah kalau pertanyaan di atas muncul.

Nah, inilah alternatif aplikasi untuk iPhone selain yang ada secara bawaan buatan Apple.

Browser: Chrome

Sejak iOS 15, Safari hadir secara memuaskan dan menjadi browser terbaik di iPhone. Kita bisa mengatur letak kotak alamat dan memberikan gambar latar sendiri.

Tapi kalau kamu menggunakan browser lain di komputer (misalnya kamu pakai laptop Windows) dan ingin tetap memiliki integrasi dan sinkronisasi, tidak ada salahnya memiliki browser alternatif.

Tergantung ekosistem apa yang kamu gunakan, alternatif Safari di iPhone adalah: Google Chrome, Microsoft Edge, atau Mozilla Firefox. Mengingat kemungkinan besar kamu menggunakan layanan Google di perangkat lain, maka Chrome bisa jadi pilihan terbaik.

Sebagai catatan samping, browser alternatif yang saya pakai adalah Firefox (karena saya juga pakai Firefox di laptop).

Email: Spark

Kemungkinan besar, kamu tidak peduli dan tetap memakai aplikasi email bawaan iPhone. Tapi kalau kamu tidak suka dengan aplikasi Mail buatan Apple, salah satu pilihan terbaik yang ada adalah aplikasi Spark (juga tersedia Spark untuk macOS).

spark alternatif aplikasi email iphone

Tentu, kamu bisa juga memilih Gmail atau Outlook jika kamu menggunakan ekosistem Gogole atau Microsoft.

Galeri: Google Photos

Secara umum, untuk melihat foto dan video di iPhone, aplikasi Photos buatan Apple memang sudah memadai. Namun, ketika kita bicara penyimpanan di cloud, aplikasi Google Photos memberikan kapasitas lebih besar dan lebih murah (jika kamu berlangganan).

Cloud: Google Drive

Pilihan aplikasi cloud juga berhubungan dengan aplikasi galeri media. Karena penyimpanan foto dan video juga menggunakan penyimpanan cloud. Dalam hal ini, Google Drive memberikan pilihan kapasitas dan harga lebih menarik daripada iCloud. Kecuali kalau kamu mau berlangganan layanan Apple seluruhnya.

Kamu bisa melihat perbandingan harga penyimpanan cloud dan menentukannya sendiri. Tentu, kalau kamu menggunakan layanan premium untuk pekerjaan (Microsoft 365 atau Google Suite) akan berbeda kondisinya.

Peta: Google Maps

Kalau yang satu ini tidak perlu kita bahas lagi. Google Maps jauh lebih baik dari Apple Maps. Terutama karena Apple masih tidak memberi prioritas pada negara tertentu, baik dari sisi informasi maupun fitur.

Kalau kamu hanya sekedar ingin mencari aplikasi untuk arahan ketika berkendara, Waze juga bisa menjadi alternatif yang baik.

iMessage: WhatsApp

Aplikasi satu ini juga mungkin tidak perlu kita pertanyakan lagi. WhatsApp sudah menjadi aplikasi komunikasi nomor satu di Indonesia. Bahkan beberapa teman pemilik iPhone-pun ketika saya ajak ngobrol di iMessage menjawab, “Pakai WA aja.”

AirDrop: Snapdrop

Mungkin ada yang heran bahwa ada aplikasi alternatif untuk fitur AirDrop. Bagaimanapun protokol ini memang sudah jadi ciri khas perangkat Apple.

Tapi kalau kamu butuh fitur sejenis (misalnya untuk transfer ke platform lain), kamu bisa kunjungi situs snapdrop.net di browser (di dua perangkat bersangkutan). Nanti hubungan seperti AirDrop akan terjadi. Kamu bahkan bisa transfer data dari Android ke iPhone, Windows ke iPhone, dll.

snapdrop alternatif airdrop iphone

Itulah beberapa alternatif dari aplikasi buatan Apple di iPhone. Mungkin ada beberapa aplikasi lain yang belum kami sebutkan. Tapi paling tidak, daftar di atas bisa memberi gambaran jika kamu tidak 100% masuk di ekosistem Apple.

    %d blogger menyukai ini: