Hati-hati dengan Efek Negatif VPN. Jangan Sembarangan!

Situs dan aplikasi yang diblokir memang bisa dibuka dengan VPN. Misalnya ketika terjadi blokir pada Facebook, Instagram, WhatsApp dan beberapa media lain pada 22 Mei 2019. Namun, kalau tidak hati-hati, memakai VPN bisa punya efek negatif.

VPN (Virtual Private Network) merupakan jaringan bersifat pribadi yang menghubungkan tempat virtual (situs, aplikasi, server) di internet. Kamu bisa baca lebih jauh penjelasan kami soal VPN.

Semua trafik akan melewati server yang disediakan oleh pemilik layanan. Inilah yang bisa menjadi masalah. Terutama jika menggunakan VPN gratisan.

Kenapa? Karena ada kemungkinan pemilik layanan VPN bisa mengakses data yang lewat di server miliknya. Data pribadi seperti akun email, rekam jejak digital (situs apa yang kita akses), atau bahkan data finansial (kartu kredit dan internet banking) bisa tidak rahasia lagi.

VPN Gratis Belum Tentu Bagus

Memang tidak semua penyedia layanan VPN berniat buruk. Bagaimanapun secara profesional, mereka menjual layanan itu. Mereka mendapat uang melalui layanan VPN berbayar. Artinya mereka terikat dengan etika dagang.

Namun, kalau kita berbicara tentang VPN yang gratis, pertimbangan lebih jauh perlu dilakukan. Kita perlu tahu, darimana sumber penghasilan mereka. Apakah mereka menyediakan layanan premium (berbayar) dengan VPN gratis sebagai sampingan? Apakah ada sumber pemasukan lain?

Sumber Gambar : Berakal.com

Kalau tidak ada kejelasan, hal ini patut dicurigai. Bisa saja mereka menjual akses data kita pada pihak lain. Yang paling sederhana, menjual data untuk kepentingan iklan. Tapi yang berat, kalau data itu dijual ke pihak yang tidak bertanggung jawab.

Nantinya, data itu bisa dimanfaatkan untuk malware, scam, atau hal buruk lainnya. Kalau kita memilih VPN gratis yang nakal dan hal ini terjadi, ya kita sendiri yang terkena efek negatif dan pasti akan rugi.

Memang kalau melihat kasus Facebook, Instagram, atau WhatsApp yang down karena diblokir pemerintah, ada banyak pihak yang menelan kerugian. Tapi toh pemerintah punya alasan tersendiri untuk kepentingan yang lebih besar. Menghindari hasutan atau berita hoax yang berbahaya dan bisa memecah persatuan bangsa.

Namun, kalau kamu ingin bisa mengakses Facebook, Instagram, WhatsApp, atau aplikasi dan situs lain, kamu pun harus berhati-hati. Jangan sembarangan memilih layanan. Pertimbangkan baik-baik sebelum menggunakannya.

More Stories
MPAtool : Aplikasi Pelengkap Musik Album dan Single.