Facebook Hadirkan Audio Sosial, Ada Podcast dan Pesaing Clubhouse

facebook social audio

Facebook akhirnya mengumumkan berbagai fitur kreasi audio yang bersifat sosial, yang meliputi klip audio pendek Soundbite, podcast, dan Audio Live Room sang pesaing Clubhouse.

Sebelum ini Facebook memang dikabarkan akan mengembangkan fitur seperti aplikasi Clubhouse, setelah sebelumnya Mark Zuckerberg jadi tamu di klub “The Good Times Show” untuk ngobrol soal augmented dan virtual reality.

Ya, fitur audio sosial sebagai bagian dari media sosial memang jadi sorotan sejak aplikasi Clubhouse populer. Berbagai pesaing pun hadir. Mulai dari Twitter Space, Telegram Voice Chat, Discord Stage Channel, sampai Reddit Talk.

Fitur Kreasi Audio facebook

Kembali ke Facebook, raksasa media sosial ini pun masuk ke ranah audio sosial dengan tidak tanggung-tanggung. Mereka mengumumkan tiga fitur kreasi audio baru.

Soundbite

Soundbite adalah potongan klip audio pendek yang cocok untuk menceritakan lelucon, komentar singkat, kutipan, puisi, atau lainnya. Misalnya kamu mengomentari makanan dengan ASMR.

facebook soundbite
Soundbite (gamber: Facebook)

Podcast

Kalau Soundbite cocok untuk durasi pendek, Podcast adalah pilihan untuk membuat dan mendengarkan cerita dalam durasi panjang. Podcast memang salah satu hal yang populer di era internet. Kini Facebook menghadirkannya langsung di dalm aplikasi.

facebook podcast
Podcast (gambar: Facebook)

Audio Live Rooms

Facebook juga akan segera menghadirkan fitur Audio Live Rooms dan diperkirakan hadir pada musim panas tahun 2021. Fitur pesaing Clubhouse ini kan hadir di aplikasi Facebook dan Messenger. Di dalamnya juga ada berbagai kelengkapan reaksi atau membuat donasi.

Live Audio Rooms (gambar: Facebook)

Dukungan Akses dan Monetasi

Facebook memberi catatan menarik dalam pengumumannya itu. Yang pertama adalah aksesibilitas dan yang kedua adalah monetasi.

Facebook menjanjikan kalau nanti akan ada dukungan bagi kreator untuk mengubah Live Audio menjadi Podcast agar bisa tetap diakses secara luas. Lalu kreator juga bisa memberikan sinopsis untuk konten audio mereka. Terakhir, Facebook akan mengusahakan caption (teks) yang menemani fitur audio ini (mungkin untuk beberapa bahasa tertentu).

Facebook juga menjelaskan kalau kreator bisa mendapat dukungan dari fans, melalui Star atau donasi. Selain itu, nantinya kreator juga bisa menerapkan biaya tiket (sekali pembelian) atau berlangganan untuk konten mereka. Hm, cukup menarik ya?

Bagaimana? Tertarik bersuara di facebook?

%d blogger menyukai ini: