Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Aplikasi Untuk Fitur Mirip Dynamic Island di Android Sudah Ada

namanya dynamicSpot

Anom Penulis

Fitur Dynamic Island iPhone 14 Pro memang banyak diperbincangkan. Tapi sebenarnya membantu nggak sih fitur seperti itu? Atau cuma sekedar gimmick visual semata? Kalau kamu pengguna Android dan penasaran, kamu bisa coba aplikasi ini untuk menghadirkan fitur mirip Dynamic Island.

Aplikasi ini bernama dynamicSpot dan merupakan buatan Jawomo, seorang developer yang juga anggota senior forum XDA. Ia sendiri sudah membuat cukup banyak aplikasi, termasuk indikator notifikasi lubang kamera untuk Always on Display.

popculture.id

Jadi mungkin tidak mengherankan kalau ia mencoba membuat fitur seperti Dynamic Island di Android dalam bentuk aplikasi. Dengan aplikasi ini kamu bisa melakukan beberapa hal serupa, seperti melihat detil informasi di pop-up, termasuk juga melakukan kontrol aplikasi musik.

Jawomo juga menjelaskan kalau kamu bisa mengatur setelan dynamicSpot dengan lebih leluasa. Misalnya mengatur cara interaksi, menentukan kapan pop-up muncul, atau aplikasi apa saja yang bisa memakai fitur ini.

Tapi sebelum kamu memasangnya di ponselmu, ada yang perlu kamu perhatikan terlebih dulu.

Saat artikel ini ditulis, aplikasi dynamicSpot masih dalam tahap beta. Jadi kemungkinan masih ada beberapa kendala yang mungkin terjadi. Lalu belum semua aplikasi bisa muncul di aplikasi ini.

Oya, aplikasi ini juga baru mendukung lubang kamera Android dengan posisi di tengah. Jawomo menyatakan kalau versi untuk lubang kamera di pinggir sedang ia kembangkan.

Sebelum ini, Realme dan Xiaomi juga menunjukkan ketertarikan pada fitur Dynamic Island. Untuk Xiaomi, sudah ada developer yang menerapkannya dalam salah satu tema MIUI.

Di iPhone sendiri, para pengembang mulai mengeksplorasi berbagai kemungkinan pemakaian Dynamic Island ini di luar apa yang dikembangkan Apple. Misalnya membuatnya sebagai game.

Jadi, apakah fitur Dynamic Island ini memang menarik? Yah, silakan coba sendiri.

    %d blogger menyukai ini: