Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Realme dan Xiaomi Melirik Fitur Dynamic Island untuk Android

gambar: Apple
Anom Penulis

Tak pelak lagi. Dynamic Island merupakan fitur yang paling banyak dibicarakan dari perilisan iPhone 14 Pro. Tidak heran ketika dua merk terkemuka ponsel Android, Realme dan Xiaomi, mempertimbangkan fitur yang mirip Dynamic Island.

Apple boleh saja disebut mengikuti langkah ponsel Android dengan menerapkan lubang kamera depan. Namun dengan Dynamic Island, mereka berhasil menunjukkan kalau lubang kamera itu bisa lebih tampak menyatu dengan layar dengan menampilkan berbagai fungsi.

popculture.id

Dynamic Island bisa menunjukkan berbagai informasi penting, bisa menghadirkan fungsi interaktif, atau hanya untuk lucu-lucuan (aplikasi Reddit bernama Apollo menghadirkan hewan peliharaan yang mondar-mandir di atasnya). Bahkan sudah ada developer yang membuat game menggunakan Dynamic Island.

Fitur ini pun segera menjadi bahan perbincangan di internet. Mulai dari media sosial, forum, sampai berbagai blog dan media. Jadi ya tidak heran kalau produsen ponsel Android pun mulai melirik fitur serupa Dynamic Island.

Realme membahas fitur ini di forum resmi. Mereka bertanya pada komunitas seperti apa “Dream Island” yang mereka bayangkan.

Di posting forum itu, Realme menyatakan “Bisakah kamu membayangkan jika Realme UI menambahkan trik software merubah lubang kamera menjadi fitur multifungsi? Tampilan antarmuka di sekitar lubang kamera bisa berubah ke bentuk dan ukuran berbeda untuk menampilkan panggilan, notifikasi, dll.”

Bersamanya, Realme juga melakukan polling ide. Ide yang paling banyak dipilih akan ditampilkan di halaman utama situs komunitas.

Sementara itu, di media sosial Weibo, postingan pimpinan Xiaomi Lu Weibing mendapat tanggapan dari seorang pengguna yang menyatakan ketertarikannya pada konsep “Smart Island.” Ia kemudian membalas komentar itu dengan bertanya “Apa kamu benar-benar butuh Smart Island?”

Tanggapan Lu Weibing ini cukup menarik. Karena kelihatannya Xiaomi lebih kurang antusias jika dibandingkan dengan Realme. Tapi mungkin nantinya tergantung tanggapan konsuen juga.

Sebelum ini, sudah ada pengembang tema MIUI yang menerapkan fitur mirip Dynamic Island. Walau tidak melingkupi lubang kamera, ada bidang lingkaran yang bisa berfungsi serupa.

Yang tidak kalah menarik, konsep mirip Dynamic Island sendiri sebenarnya sudah pernah hadir di ponsel Android. Ponsel LG V10 sudah pernah menampilkan jejeran ikon aplikasi dan fungsi kontrol media di bagian atas layar.

Tapi sayangnya, saat itu implementasi LG kurang begitu baik, sehingga dukungan dari pengembang aplikasi tidak banyak. Akhirnya fitur itu pun tenggelam begitu saja.

Kalau fitur serupa Dynamic Island kembali hadir di Android, yah… kita menyaksikan sebuah perjalanan satu lingkaran penuh.

    %d blogger menyukai ini: