Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Aplikasi Email Spark Windows Tersedia, Ada Fitur & Tampilan Baru

Gambar: Readlle
Anom Penulis

Aplikasi email populer Spark mendapat pembaruan, dengan sistem langganan baru, juga fitur dan tampilan baru. Selain itu aplikasi email Spark Windows pun kini sudah tersedia.

Spark merupakan aplikasi email buatan Readdle. Aplikasi ini sudah menjadi favorit sebagai alternatif aplikasi bawaan di iOS dan macOS. Terutama karena penampilannya yang bagus dan pembagian kategori email yang mudah dikenali.

Sebagai contoh, aplikasi ini akan membedakan apakah email yang masuk inbox itu dari orang (kontak), berupa newsletter, atau pemberitahuan dari layanan yang kamu pakai (misal temanmu membuat edit di dokumen Google Drive).

Kini Readdle memperbarui aplikasi email Spark, termasuk menghadirkannya di Windows. Apa saja fitur baru yang hadir?

Tampilan Smart Inbox baru aplikasi Spark
Tampilan Smart Inbox baru (gambar: Readdle)

Fitur Baru Aplikasi Email Spark

Aplikasi Spark kini punya Smart Inbox baru. Email dari orang (kontak) akan tampil di bagian paling atas, sementara pemberitahuan dan newsletter dikelompokkan di bawahnya.

Kamu juga bisa menandai pengirim tertentu yang kamu anggap penting sebagai prioritas. Dengan begitu, email dari mereka akan hadir paling atas dan muncul dengan highlight.

Lalu aplikasi ini juga menampilkan tampilan Home dengan desain yang lebih dekoratif. Sehingga kamu bisa melihat email yang masuk dengan lebih rileks tanpa masuk ke inbox.

Kamu kini juga bisa memperlakukan dan menandai email layaknya tugas (task/to-do). Jika tugas atau pekerjaan yang bersangkutan sudah selesai kamu lakukan, kamu bisa menandai email tersebut.

Sedangkan untuk email yang tidak menjadi prioritas, kamu bisa menandainya untuk diselesaikan nanti. Sehingga kamu bisa fokus pada email yang penting.

Kemudian, Readdle juga menambahkan Command Center. Dengan kotak khusus yang bisa kamu akses lewat shortcut Cmd+K or Ctrl+K ini, kamu bisa membuat perintah lebih cepat.

Baca Juga:  5 Aplikasi Email Windows Alternatif Terbaik Pengganti Bawaan

Yang tidak kalah menarik, kamu bisa dengan mudah memblokir pengirim, mengelompokkan pengirim yang sama, membisukan balasan email berantai atau thread (misal yang ada Cc dan BCc), juga bisa mengirim file lebih besar dari 25MB.

Aplikasi Spark untuk Windows

Setelah populer di iOS dan macOS, Spark menyusul hadir di Android. Namun untuk waktu yang cukup lama, aplikasi ini belum tersedia di Windows. Ketika itu pengguna yang berminat bisa mengirim vote soal ini.

Kini Readdle sudah menghadirkan aplikasi email favorit ini di Windows. Dengan begitu, Spark hadir di berbagai platform secara lengkap.

Sistem Langganan Baru

Ini salah satu hal yang penting untuk kamu perhatikan. Readdle kini menerapkan sistem langganan baru bagi pengguna Spark.

Sistem pembelian sekali bayar kini diganti dengan sistem berlangganan untuk Spark Premium dan Spark for Team. Walau begitu, Spark versi gratis tetap tersedia.

Perhatikan. Readdle menyebutkan kalau pengguna Spark gratis bisa menggunakan fitur yang sudah ada sebelumnya. Artinya, fitur baru di atas hanya tersedia bagi pengguna Spark.

Fitur baru yang tersedia untuk pengguna Premium meliputi prioritas email, blokir pengirim, mengelompokkan pengirim, membisukan thread, dan Home Screen.

Kalau berminat, kamu bisa unduh aplikasi Spark di situs resmi.


Spark memang punya tampilan dan fitur keren. Aplikasi ini juga merupakan andalan saya. Apakah kamu juga memakai aplikasi email alternatif, selain bawaan OS? Apa favoritmu? Silakan berbagi di kolom komentar di bawah.