Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

4 Aplikasi Web Untuk Membantu Membuat Proposal

Indri Penulis

Menyusun proposal memang membutuhkan banyak waktu. Sebab seseorang harus mengirim email ke berbagai departemen untuk aset, mengkurasi gambar, mengurasikan ruang lingkup, membuat garis waktu, menambah perkiraan, dan menentukan rekomendasi.

Selanjutnya, berkas tersebut akan dikirim ke prospek dan pindah ke proposal berikutnya. Inilah yang membuat seseorang kadang kesulitan membuat proposal.

popculture.id

Tidak hanya itu, pengirim juga tidak tahu apakah klien sudah membuka proposal yang dikirim atau belum. Bisa jadi proposal sudah dibuka, dan bisa pula proposal baru dibuka beberapa minggu setelah dikirim.

Tidak jarang pembuatan proposal harus dilakukan dengan cepat. Dengan begitu, si pembuat proposal terburu-buru dalam proses pembuatan.

Untuk menanggulangi hal tersebut, dibutuhkan cara yang lebih efisien untuk proses pembuatan proposal. Namun jangan khawatir, karena perkembangan teknologi saat ini, pembuatan proposal bisa dibantu dengan aplikasi web.

Aplikasi web proposal dirancang untuk mengatasi kebutuhan tersebut. Aplikasi ini akan mengurangi waktu yang dihabiskan untuk menyusun konsep proposal penjualan.

Tidak hanya itu, aplikasi proposal juga membantu kalian agar lebih paham keinginan klien. Berikut beberapa aplikasi web pembuat proposal yang dapat kalian coba:

Proposify

Sumber Gambar : Product Hunt

Aplikasi Proposify dibuat untuk perusahaan kreatif. Aplikasi ini mempunyai tampilan drag-and-drop yang memungkinkan pengguna, menambah bagian ke dokumen dengan mudah.

Kalian juga bisa menyesuaikan proposal menggunakan editor InDesign-like. Fitur editor ini memungkinkan pengguna menambah teks, gambar serta video.

Tidak hanya itu, Proposify mempunyai fitur analitik yang kuat. Termasuk kemampuan untuk melihat bagian proposal yang paling banyak dilihat.

Proposify juga bisa melacak kinerja proposal setiap waktu. Dengan begitu tim kerja bisa lebih paham tingkat penutupan berdasarkan bulan, kuartal serta tahun.

Kunjungi Website

Qwilr

Sumber Gambar : Get App

Qwilr membuat proses pembuatan proposal jadi lebih mudah. Aplikasi ini berbasis web dengan tampilan sederhana dan mudah digunakan.

Editor dalam Qwilr hampir sama dengan yang ada dalam dokumen. Terdapat fitur seperti kemampuan untuk menambah peta, video, dasbor interaktif dan Google Spreadsheet.

Qwilr juga mempunyai kemampuan untuk melacak dan melaporkan bagian proposal yang diklik maupun dilihat orang. Dengan begitu, kalian bisa mengukur keberhasilan proposal.

Tidak hanya itu, hal ini juga bisa digunakan untuk menentukan penetapan harga yang akurat. Penetapan harga biasanya digunakan untuk berbagai alat yang dicantumkan dalam proposal.

Kunjungi Website

[irp posts=”52186″ name=”Membuat Proposal dan Invoice Mudah Dengan Monika”]

PandaDoc

Sumber Gambar : PandaDoc

PandaDoc membantu pengguna membuat proposal dengan mudah dan  cepat. Proposal yang dibuat dengan PandaDoc bisa disesuaikan dengan brand, melalui berbagai fitur cerdas.

PandaDoc menyediakan fitur pustaka konten. Fitur ini berisi daftar pertanyaan yang mungkin saja akan diajukan oleh klien ke pembuat proposal.

Pustaka konten sangat bermanfaat bagi tim kerja baru. Sebab tim kerja baru biasanya belum terlalu memahami proposal secara mendalam.

Tidak hanya itu, pengguna juga bisa mengaktifkan pemberitahuan khusus. Dengan begitu, pengguna bisa mengetahui kapan klien membuka dokumen, berapa waktu dihabiskan untuk membaca, hingga kapan proposal ditandatangani.

PandaDoc tidak hanya digunakan membuat proposal. Namun PandaDoc bisa digunakan membuat perpanjangan kontrak, memudahkan perekrutan orang serta onboarding. Dengan begitu, perusahaan bisa lebih terorganisir.

Kunjungi Website

Bidsketch

Sumber Gambar : Bidsketch

Dengan menggunakan Bidsketch, maka kalian bisa menggabung beberapa proposal, maupun menggunakan contoh proposal dari perusahaan.

Bidsketch mempunyai desain berupa template proposal. Dengan begitu, pengguna bisa menempatkan data ke dalam template secara langsung, tanpa perlu membuat template dari awal.

Bidsketch juga menawarkan fitur khusus. Fitur tersebut akan menampilkan biaya opsional, dan bisa digunakan untuk memanfaatkan peluang upselling serta cross-selling.

Kunjungi Website

    %d blogger menyukai ini: