9 Aplikasi Menulis Alternatif MS Word Terbaik

mesin ketik (alternatif ms word)
Foto: Luca Bravo

Secara umum, orang memakai MS Word untuk menulis. Tapi saya mendapati kalau saya semakin jarang menggunakannya. Bahkan saya sempat mencoba beberapa aplikasi menulis alternatif MS Word lain.

Kenapa saya mencari alternatif lain? Bukankah MS Word sangat lengkap? Ah, sebenarnya justru karena itu.

Saya merasa fitur yang terlalu lengkap itu justru membuat penampilannya terlalu ramai atau rumit. Supaya obyektif, MS Word memang bisa dibuat minimalis. Namun saya ingin sesuatu yang cepat dan mudah (bukankah kita semua begitu?).

Kami memang pernah membahas kumpulan program Office Suite alternatif MS Office. Tapi yang saya bahas kali ini bukan yang seperti itu. Yang ini adalah aplikasi menulis alternatif MS Word yang lebih sederhana (walau tetap fungsional).

Harus saya akui, Mac memiliki pilihan aplikasi menulis alternatif yang lebih banyak. Sayangnya juga lebih keren. Pilihan untuk Windows tidak terlalu banyak. Beberapa aplikasi juga memiliki versi Android atau iPhone. Sementara yang lain tidak.

Mungkin ada yang bertanya aplikasi apa yang saya gunakan. Yah, biasanya untuk menulis artikel di UrbanDigital, saya mengetik langsung di WordPress. Tapi saya juga sering memakai Bear. Akhir-akhir ini—karena saya pakai handphone Android—saya mencoba Dropbox Paper.

FocusWriter

focuswriter sebagai aplikasi menulis alternatif ms word

Platform: Windows, macOS, Linux | Harga: Gratis

Jangan dulu bilang tampilan FocusWriter kuno. Aplikasi ini memang bertujuan menjadi aplikasi menulis yang bebas gangguan. Dalam hal ini tombol-tombol atau pengaturan lain yang biasa ada di menu.

FocusWriter mendukung format TXT, RTF (rich text format) dasar, dan berkas ODT (OpenDocument Text) dasar. Aplikasi ini juga memiliki pengaturan themes, auto-save, mode portabel, dll.

[junkie-button url=”https://gottcode.org/focuswriter/” style=”blue” size=”medium” type=”round” target=”_blank”] Download [/junkie-button]

OmmWriter

OmmWriter, aplikasi menulis alternatif ms word

Platform: Windows, macOS | Harga: Minimal $7.2 (±Rp98.000)

OmmWriter hadir dengan penampilan sederhana. Tentu saja dengan tujuan fokus pada kegiatan menulis, tidak sibuk dengan format tampilan ketikan.

Aplikasi ini memiliki latar belakang gambar pemandangan yang keren, pilihan font, dan mendukung beberapa format seperti .txt, .omm, .doc, .docx, atau ekspor ke PDF atau email.

[junkie-button url=”https://ommwriter.com/” style=”blue” size=”medium” type=”round” target=”_blank”] Download [/junkie-button]

Write!

aplikasi write untuk menulis

Platform: Windows, macOS, Linux | Harga: $19.95 (±Rp271.080)

Sama seperti yang lain, aplikasi Write! juga fokus pada proses menulis. Jadi, penampilannya juga simpel. Walau begitu, kamu bisa memilih beberapa setelan format tulisan. Selain itu, ada mode fokus yang menyorot paragraf yang kamu tulis (bagian lain lebih gelap).

Write! mendukung sistem tab agar kamu bisa berpindah antara artikel dengan mudah. Lalu kamu juga bisa memilih penulisan dengan markdown, textile, wiki, atau RTF. Aplikasi ini juga mendukung sinkronisasi lewat cloud dan penerbitan langsung ke media sosial atau di halaman Write.

[junkie-button url=”https://writeapp.co/” style=”blue” size=”medium” type=”round” target=”_blank”] Download [/junkie-button]

Evernote

penampilan aplikasi evernote

Platform: Windows, macOS, web app, iOS, Android | Harga: Basic – Gratis (dengan batasan tertentu)

Evernote adalah sebuah aplikasi catatan lintas platform yang populer. Walau disebut catatan, sebenarnya Evernote punya fungsi format tulisan yang lengkap. Dengan begitu, bisa jadi aplikasi menulis alternatif MS Word yang baik.

Keuntungan lain dibanding aplikasi di yang sudah disebut sebelumnya adalah Evernote juga punya aplikasi untuk perangkat bergerak. Jadi kamu bisa melanjutkan menulis atau membuat catatan tambahan kapan saja.

[junkie-button url=”https://evernote.com/” style=”blue” size=”medium” type=”round” target=”_blank”] Download [/junkie-button]

BACA JUGA
Visme: Membuat Presentasi dan Infografis dengan Mudah

Dropbox Paper

penampilan dropbox paper

Platform: Web app, iOS, Android | Harga: Gratis

Dropbox Paper adalah aplikasi menulis dari layanan cloud populer tersebut. Kamu bisa dengan mudah menulis dengan aplikasi ini. Terutama karena penampilannya yang sederhana.

Membuat huruf tebal, misalnya, cukup klik dua kali sebuah kata atau menyeleksi sebuah kalimat. Akan muncul pop up menu yang memunculkan pilihan format tulisan. Begitu pun dengan format teks lain.

Yang menyenangkan dari Dropbox Paper adalah fitur kolaborasi. Kita bisa menyunting dokumen bersama teman, dan ada tanda siapa menulis apa. Selain itu, kita juga bisa mengomentari tiap paragraf (misalnya kalau ada yang perlu disunting).

Sayangnya Dropbox Paper belum punya aplikasi desktop, baik Windows atau Mac. Namun kalau kamu pakai Mac, kamu bisa mencoba aplikasi Paper for Mac (tidak resmi). Sayangnya saya belum menemukan untuk Windows.

[junkie-button url=”https://paper.dropbox.com/” style=”blue” size=”medium” type=”round” target=”_blank”] Kunjungi Website [/junkie-button] [junkie-button url=”https://play.google.com/store/apps/details?id=com.dropbox.paper&hl=en” style=”blue” size=”medium” type=”round” target=”_blank”] Download—Android [/junkie-button] [junkie-button url=”https://itunes.apple.com/us/app/dropbox-paper/id1126623662?mt=8″ style=”blue” size=”medium” type=”round” target=”_blank”] Download—iOS [/junkie-button]

Bear

Platform: macOS, iOS | Harga: Gratis (terbatas)

Bear adalah aplikasi menulis di Mac yang menjadi favorit banyak orang. Aplikasi ini memiliki desain yang bagus dengan berbagai fungsi yang mudah dipakai.

Aplikasi Bear sangat fleksibel baik dari sisi tampilan (bisa menunjukkan folder dan daftar artikel, atau hanya bidang menulis) maupun dari sisi format tulisan (markdown dan RTF). Kalau kamu pengguna Mac, aplikasi ini layak kamu coba.

Silakan baca artikel review aplikasi Bear dari kami.

[junkie-button url=”http://www.bear-writer.com/” style=”blue” size=”medium” type=”round” target=”_blank”] Download [/junkie-button]

Ulysses

ulysses for mac

Platform: macOS, iOS | Harga: $4.99 (per bulan)

Ulysses juga merupakan aplikasi menulis di Mac favorit. Sama seperti Bear, aplikasi ini juga memberikan pengalaman menulis yang fleksibel. Baik dari tampilan maupun format ketikan.

Tidak sekedar mendukung beberapa format dokumen, Ulysses juga mendukung publikasi ke layanan blog populer, seperti WordPress dan Medium. Aplikasi ini juga memiliki integrasi dengan beberapa layanan cloud.

[junkie-button url=”https://ulyssesapp.com/” style=”blue” size=”medium” type=”round” target=”_blank”] Download [/junkie-button]

iA Writer

aplikasi menulis iA writer

Platform: macOS, iOS, Android | Harga: Rp299.000 (Mac), Rp75.000 (iOS), Gratis (Android)

Lagi-lagi sebuah aplikasi menulis alternatif MS Word di Mac. iA Writer juga termasuk aplikasi populer. Pada dasarnya mirip seperti yang sudah disebut di atas. Mendukung format ketikan markdown dan fungsi fokus saat menulis.

Di samping itu, iA Writer juga mendukung beberapa fungsi lain. Fungsi yang biasanya dimiliki aplikasi khusus menulis dalam bahasa Inggris. Seperti mengenali kata sifat, kata benda yang terlalu sering muncul, dll. iA Writer juga mendukung sinkronisasi dengan layanan cloud seperti Dropbox, iCloud (macOS dan iOS) dan Google Drive (Android).

[junkie-button url=”https://ia.net/writer/” style=”blue” size=”medium” type=”round” target=”_blank”] Download [/junkie-button]

Byword

aplikasi menulis byword untuk mac

Platform: macOS, iOS | Harga: Rp 159.000 (Mac),

Sampai di sini, jelas sudah bahwa banyak aplikasi menulis keren hadir di Mac. Byword menawarkan aplikasi yang juga mirip dengan lainnya. Tampilan minimalis, fokus dan format ketikan untuk menulis.

Aplikasi ini memiliki sinkronisasi dengan layanan iCloud dan Dropbox. Selain itu mendukung ekspor dokumen ke format lain, seperti HTML atau PDF. Pilihan lainnya, publikasikan langsung ke blog populer, seperti WordPress, Medium, Blogger, dan Tumblr. Bahkan Byword juga bisa ekspor ke Evernote.

[junkie-button url=”https://bywordapp.com/” style=”blue” size=”medium” type=”round” target=”_blank”] Download [/junkie-button]

Ada komentar?