menulis di laptop

4 Aplikasi yang Membantu Menulis dalam Bahasa Inggris

Menulis dalam Bahasa Inggris memang tidak mudah. Hal ini tentu saja bisa dimaklumi. Bahasa Inggris memang bukan bahasa asli kita. Jadi wajar kalau kita merasa canggung atau bingung menggunakannya.

Secara umum, aplikasi kamus atau terjemahan seperti Google Translate memang bisa membantu. Tapi kegunaannya hanya sejauh terjemahan kata. Dengan kata lain berhubungan dengan kosa kata atau vocabulary. Padahal, masih ada masalah lain, yaitu tata bahasa atau grammar.

Saya sempat mencoba beberapa aplikasi yang bisa membantu menulis dalam Bahasa Inggris. Aplikasi-aplikasi ini bisa memberi koreksi grammar yang benar. Bahkan ada fitur lainnya, seperti mencari sinonim kata Bahasa Inggris, memperbaiki letak tanda baca, dll.

Tentu saja, aplikasi bukanlah manusia. Gaya bahasa tetap membutuhkan sentuhan non-mekanik. Bisa jadi, beberapa kata atau kalimat yang dinilai kurang tepat oleh aplikasi justru memberi warna pada tulisan tersebut.


Baca juga: Aplikasi To Do Terbaik untuk Berbagai Platform


Renfly Editor

aplikasi renfly editor membantu menulis dalam bahasa inggris

Renfly Editor merupakan aplikasi untuk menulis. Secara sederhana bisa disamakan dengan Bear atau Simplenote. Namun selebihnya, Renfly Editor adalah aplikasi menulis dengan koreksi tata bahasa yang cukup ampuh.

Renfly bisa mengenali kesalahan kosa kata dan tata bahasa yang ada di tulisanmu. Informasi jumlah kesalahan hadir di tulisan dan di bagian bawah aplikasi. Kalau kamu meletakkan kursor di tempat yang harus ditandai, saran penggunaan yang tepat akan muncul.

Renfly Editor juga dilengkapi dengan indikator target tulisan. Kita bisa menetapkan dan melihat seberapa banyak kita menulis dalam satu bulan. Fitur ini berguna untuk mengukur performa atau kebiasaan menulis.

Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur kata kunci. Kamu bisa membandingkan kata kunci yang ingin kamu gunakan dengan referensi dari internet. Tentunya, fitur ini akan membantu kamu yang sering menulis di media online.

Saat ini aplikasi Renfly Editor baru tersedia untuk Mac. Namun kalau kamu ingin mencoba, jangan kuatir. Versi web app sedang dikembangkan.

GUNAKAN

Grammarly

aplikasi grammarly cek tata bahasa inggris

Grammarly adalah salah satu aplikasi yang paling populer di bidang ini. Aplikasi ini menawarkan koreksi grammar, saran vocabulary, sampai penggunaan tanda baca yang tepat. Grammarly tersedia untuk Mac dan ekstensi Chrome.

Grammarly untuk Mac merupakan aplikasi sejenis Renfly. Sebuah aplikasi text editor dengan koreksi tata bahasa. Kesalahan akan ditandai di dalam tulisan, dan koreksi atau saran akan muncul di bagian kanan.

Sedangkan ekstensi Chrome Grammarly — ini yang seru┬á— bisa membantu kita menulis dalam bahasa Inggris di mana saja. Mulai dari email, media sosial, sampai blog (WordPress, Telegra.ph, dll). Sejauh ada di browser Chrome. Indikator kesalahan akan hadir di sebelah kanan bawah.

Aplikasi Grammarly untuk Mac dan ekstensi Chrome bisa didapat secara gratis. Walau sudah cukup lumayan, untuk mendapatkan kemampuan sesungguhnya kamu harus berlangganan versi Premium.

GUNAKAN

Hemingway Editor

aplikasi untuk menulis hemingway editor

Hemingway Editor juga merupakan aplikasi untuk menulis. Hemingway merupakan salah satu aplikasi menulis yang paling populer.

Aplikasi ini memang memberikan koreksi untuk tulisan dalam Bahasa Inggris. Namun, yang membuat Hemingway banyak disukai adalah bantuannya memperbaiki tulisan sehingga lebih mudah dibaca.

Ada banyak skala ukuran penulisan di Hemingway. Masing-masing memiliki warna yang berbeda supaya mudah dikenali. Saat kamu taruh kursor di tempat itu, saran perbaikan akan muncul.

Hemingway Editor bisa digunakan di browser (web app) dengan gratis. Sedangkan aplikasinya baru tersedia untuk Mac dan merupakan aplikasi komersial.

GUNAKAN

Expresso

expresso text analytic

Expresso merupakan aplikasi text editor. Saat ini Expresso masih dalam tahap beta dan baru bisa digunakan melalui browser (web app).

Dari fiturnya, aplikasi ini terlihat lebih mirip Hemingway dari pada yang lain. Aplikasi ini memiliki berbagai skala ukuran penulisan. Baik pilihan vocabulary atau penggunaan grammar dalam kalimat.  Dengan demikian, kamu bisa menulis lebih efisien.

GUNAKAN


Baca juga: Berbagai Aplikasi Office Suite untuk Mengedit Dokumen


Sekali lagi, berbagai aplikasi seperti ini tidak serta merta membuatmu jago menulis dalam Bahasa Inggris. Masih banyak tolok ukur lainnya.

Yang pasti, dengan bantuan tools semacam ini kamu bisa tahu letak kesalahan dan memperbaiki kualitas tulisan. Seiring waktu, kemampuan menulis dalam Bahasa Inggris pasti meningkat.

Lalu paling tidak, kamu bisa mengurangi hujatan dari para #GrammarNazi yang kejam di internet. ????

More Stories
6 Tips Memanfaatkan Teknologi untuk Hidup Hemat