Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

6 Aplikasi untuk Jadwal Posting Instagram Gratis Unlimited Terbaru

Ingin Kerjaan Jadi Terasa Lebih Ringan? Coba Mulai Atur Jadwal Post Instagram Kamu Mulai Sekarang!

6 Aplikasi untuk Jadwal Posting Instagram Gratis Unlimited Terbaru
Febri Penulis

Menjadi content creator itu harus kejar-kejaran sama waktu, tak jarang sekali kita membutuhkan aplikasi untuk jadwal posting Instagram supaya waktu kerja jadi lebih efisien dan sesuai dengan rencana.

Karena ketika kita hidup di dunia kerja, segala hal harus direncanakan sedari awal supaya akhirnya tidak berantakan dan menyulitkan pekerjaan kita.

Seperti membuat jadwal dan mengatur posting Instagram otomatis adalah salah satu cara yang efisien dan memudahkan kerjaan kita. Dengan begitu, konten lebih teratur dan kamu bisa menjangkau follower lebih banyak.

Mengatur jadwal post Instagram juga bagus untuk menaikan value akun kita di mata sistem pembelajaran (Ai Learning) milik Instagram.

  • Solusi Cepat
    Untuk menjadwalkan post Instagram, saya sarankan menggunakan aplikasi yang sudah disediakan sama pihak META secara gratis, yaitu Meta Business Suite. Aplikasi ini memiliki beragam fitur dan keunggulan yang bisa kamu manfaatkan secara bebas dan tanpa biaya apapun.

Rekomendasi Aplikasi untuk Jadwal Posting Instagram

Layak saya sebut bahwa beberapa waktu lalu, Instagram masih belum mengijinkan posting otomatis. Walau kita sudah membuat jadwal, aplikasi hanya akan memberi notifikasi ketika waktu yang paling optimal tiba. Proses upload tetap kita lakukan sendiri.

Namun kemudian Instagram merubah peraturan. Layanan aplikasi media sosial bisa menjadi rekan resmi untuk membantu membuat posting Instagram otomatis. Walau begitu semua masih terbatas pada aplikasi dan jenis akun.

Hingga saat ini Instagram selalu memperbarui ketentuannya dan akhirnya mereka membuat pembaruan yang menguntungkan bagi para pengguna Instagram.

Mungkin mereka takut kehilangan rekan pengguna hingga akhirnya mereka luluh dan memanjakan segala fitur yang selama ini dibutuhkan menjadi tersedia dan bisa kita gunakan. Selain itu pihak Meta juga menghadirkan fitur hiburan baru seperti fitur NFT di Instagram.

Meskipun fitur-fitur yang baru dihadirkan ini bisa kita dibilang terlambat, mengingat sudah banyak platform sosial media lain yang lebih menarik dibanding Instagram saat ini seperti TikTok dan Twitter yang bisa memberikan kita followers lebih banyak dan lebih cepat.

Tapi jika kamu masih membutuhkan aplikasi untuk jadwal posting Instagram, kamu bisa cek beberapa aplikasi yang saya rekomendasikan ke kamu untuk digunakan men- schedule post Instagram secara gratis dan tanpa batas, berikut ini:

1. Meta Business Suite

Aplikasi untuk Jadwal Posting Instagram Gratis Unlimited Terbaru - Meta Business Suite

Sekarang Meta sudah menyediakan aplikasi bawaan sendiri untuk pengguna Instagram dan Facebook supaya bisa mengatur jadwal posting -an miliknya sesuai dengan jadwal yang diinginkan.

Baca Juga:  8 Cara Download Reels Instagram Tanpa Aplikasi Dengan Mudah

Tidak perlu aplikasi tambahan, kamu cukup membuka Meta Business Suite di browser lalu login menggunakan akun Instagram atau Facebook milik kamu dan hubungkan.

Nantinya kamu akan mendapatkan beragam fitur menarik yang tidak bisa dimiliki di aplikasi Instagram atau Facebook biasa. Di Meta Business Suite ini tidak hanya memberikan fitur tambahan seperti mengatur jadwal posting saja. Tetapi, ada fitur seperti crossing platform.

Yang memungkinkan kita untuk mengatur akun Facebook dan Instagram yang terpisah di dalam satu halmaan saja. Tentu ini akan memudahkan kerja kita supaya jadi lebih efisien.

META selalu memperbarui platform sosial medianya, bahkan baru-baru ini ada update soal Reels di Instagram kalau sekarang kita bisa atur jadwal post Instagram hingga 2 bulan kedepan loh.

Jika kamu menggunakan Meta Business Suit, saya rasa tidak perlu lagi mencoba aplikasi pihak ketiga berbayar lainnya.

2. Hootsuite

aplikasi media sosial hootsuite

Hootsuite adalah salah satu aplikasi media sosial yang paling powerful dan populer. Tidak hanya Instagram, aplikasi ini juga bisa kamu pakai untuk membuat jadwal kiriman media sosial lain seperti Facebook dan Twitter.

Selain itu, kamu juga bisa memantau dan membalas komentar langsung dari dashboard. Yang lebih menarik lagi, ada statistik kiriman dan follower sehingga kamu tahu perkembangan media sosialmu.

Hootsuite bisa kamu gunakan secara gratis (dalam batasan tertentu) dan punya pilihan profesional (komersial). Tersedia pula di berbagai perangkat. Kami pun pernah membahas cara membuat jadwal Instagram dengan Hootsuite.

3. Buffer

aplikasi buffer

Buffer juga merupakan salah satu aplikasi media sosial yang powerful dan populer. Aplikasi ini juga punya fitur jadwal dan posting otomatis untuk Facebook dan Twitter, selain Instagram.

Sedikit berbeda dari Hootsuite, Buffer lebih mengacu pada mencari dan mengelola konten. Yang menarik, Buffer juga punya aplikasi editor foto sederhana bernama Pablo. Lumayan memudahkan kalau kamu bingung ukuran foto optimal di media sosial.

Buffer menawarkan versi gratis (terbatas) dan untuk bisnis (komersial). Aplikasi ini juga tersedia di berbagai perangkat.

4. Later

aplikasi instagram later

Later adalah aplikasi media sosial yang fokus pada Instagram. Dulu aplikasi ini bernama Latergramme. Sama seperti yang lain, sebelum ini Later mendukung jadwal kiriman Instagram dengan notifikasi. Tapi kini tidak lagi.

Sebagai salah satu rekan resmi, Later sudah memiliki fitur posting Instagram otomatis. Kamu bahkan bisa memilih cara apa yang kamu suka (otomatis atau dengan pemberitahuan).

Baca Juga:  Fitur Instagram "Nudge" Bisa Bantu Remaja Jelajahi Konten Lain

Sama seperti yang lain, Later memiliki versi gratis dan bisnis. Keduanya bisa kamu gunakan baik dengan browser, maupun aplikasi mobile.

5. Dlvr.it

Aplikasi untuk Jadwal Posting Instagram Gratis Unlimited Terbaru - dlvr.it

Dlvr.it adalah aplikasi otomatis yang bisa kita gunakan untuk membuat posting -an otomatis di sosial media tidak hanya untuk Instagram saja.

Aplikasi ini memiliki kelebihan karena fitur yang yang bisa kita atur untuk melakukan posting secara otomatis hanya dengan mengambil keterangan dari feed blog atau website kita.

Meskipun demikian, Dlvr.it juga menyediakan fitur penjadwalan posting untuk Instagram seperti keempat aplikasi yang sudah saya sebutkan di atas.

Mungkin kelebihan dari aplikasi ini bisa membagikan posting yang sudah dijadwalkan ke semua sosial media kita, tidak hanya ke akun sosial media Instagram saja.

Mau coba Dlvr.it? Gas, buka saja link di bawah ya.

6. Planoly

Aplikasi untuk Jadwal Posting Instagram Gratis Unlimited Terbaru - PLANOLY

Aplikasi untuk schedule post Instagram keenam yang saya rekomendasikan ke kamu adalan Planoly. Aplikasi ini memiliki banyak kelebihan, meskipun mirip-mirip dengan kelima aplikasi yang sudah saya rekomendasikan ke kamu.

Tetapi, saya suka tampilan dan fitur yang ditawarkan Planoly. Aplikasi ini lebih sederhana dan mudah sekali untuk digunakan.

Penjadwalan yang diagunakan seperti kita membuat noted di kalender. Aplikasi ini juga menyediakan fitur seperti analitik dan saran post.

Jika kamu tertarik ingin menggunakannya, kamu bisa kunjungi website Planoly di bawah.

What’s Next: Mana yang Menurut Kamu Paling Bagus?

Itu lah 6 rekomendasi aplikasi untuk jadwal posting Instagram gratis dari saya, kalau menurut saya pribadi menggunakan aplikasi yang sudah disediakan sama pihak Instagram jauh lebih baik dan efisien mengingat kebutuhan akan fiturnya.

Menggunakan aplikasi seperti Meta Business Suite juga lumayan powerful, tampilan aplikasi dan fitur-fitur yang diberikan juga sudah cukup untuk kita gunakan sesuai dengan kebutuhan para content creator.

Tapi kalau kamu punya pendapat yang berbeda mengenai aplikasi untuk jadwal posting Instagram ini, kamu bisa sampaikan pendapat kamu di kolom komentar.

Siapa tahu kamu punya rekomendasi aplikasi auto post Instagram lain yang lebih baik dari kelima aplikasi yang sudah saya rekomendasikan di atas.


Jika ada pertanyaan atau saran lebih lanjut, silakan tulis di kolom komentar atau kirim email ke [email protected] Kamu juga bisa berlangganan berita atau artikel seputar teknologi, aplikasi & internet seperti di atas melalui halaman urbandigital di Google News.