Windows Punya Aplikasi Mirip Dengan Universal Control Dari Apple

sumber: Microsoft Garage

Apple mengumumkan fitur Universal Control di WWDC 2021. Menariknya, sebenarnya Microsoft juga punya sesuatu yang mirip dengan Universal Control itu di Windows, yaitu aplikasi yang bernama Mouse Without Borders.

Di WWDC 2021 itu, Craig Federighi menunjukkan demo yang menarik. Ia memindah kursor dari MacBook ke iPad, tanpa iPad itu berlaku sebagai eksternal monitor. Kemudian ia menunjukkan lebih jauh lagi dengan menggeser file gambar dari iPad, melewati MacBook, dan meletakkannya di iMac.

Fitur ini tentu sangat berguna bila kamu memakai beberapa perangkat sekaligus. Dalam contoh di atas ilustrasi tulisan judul yang digambar di iPad dipindah ke program editor video di iMac.

Mouse Without Borders

Yang tidak kalah menarik, Sean Endicott dari Windows Central mengingatkan kalau sebenarnya ada fitur seperti itu di Windows. Fitur itu hadir dalam bentuk aplikasi bernama Mouse Without Borders. Aplikasi itu merupakan bagian dari proyek Microsoft Garage.

Sayangnya, Garage merupakan proyek tempat para pengembang Microsoft bereksperimen. Lalu Microsoft juga kelihatannya tidak meneruskan ide itu sebagai sesuatu yang serius dan menerapkannya di Windows secara bawaan.

Yah. paling tidak sampai saat ini. Entah apakah diam-diam Microsoft sudah mengerjakannya untuk update besar Windows mendatang. Terutama kalau Universal Control dari Apple menggelitik jiwa kompetisi mereka.

Dari apa yang nampak, aplikasi Mouse Without Borders di Windows memang mirip dengan Universal Control. Kita bisa memindah kursor mouse dan keyboard, memindah file, melakukan copy dan paste, atau membuat tangkapan layar antar komputer. Mouse Without Borders bisa bekerja sampai 4 komputer sekaligus.

Tentu, dari sisi perangkat keras, pendekatan Apple dan Microsoft memang berbeda. Apple memiliki perangkat dalam satu ekosistem ketat, apalagi kini mulai memiliki chipset dengan basis yang sama.

Sementara Microsoft dengan Windows, terhubung dengan berbagai perangkat dari vendor lain. Termasuk laptop dari berbagai merek, alat gambar seperti Wacom (yang sudah terintegrasi dengan baik) atau tablet Android (yang mungkin lebih sulit terapkan).

Toh kalau aplikasi seperti Mouse Without Borders ini hadir secara bawaan di Windows, tentu menarik melihat alur kerja ala Universal Control dari Apple ini berfungsi.

Kalau kamu berminat melihat lebih jauh, silakan kunjungi situs resmi Microsoft Garage.

%d blogger menyukai ini: