Berbagai Fitur Seru Perangkat Apple Dari WWDC 2021

Ada banyak fitur baru di berbagai perangkat yang Apple bahas dalam presentasi pembukaan WWDC 2021. Mulai dari fitur di iOS, iPadOS, sampai macOS. Dari sekian banyak fitur baru ada beberapa yang menarik perhatian.

Yah, harus kita akui juga. Beberapa fitur baru yang ada di ekosistem Apple ini mungkin sudah pernah kita lihat di ekosistem lain. Toh Apple berlaku seperti Apple biasanya, sehingga ada sentuhan tersendiri.

Nah, mari kita lihat apa saja fitur yang seru dari presentasi Apple di WWDC 2021.


Universal Control

Universal Control merupakan fitur di macOS Monterey yang memungkinkan pengguna memakai satu mouse dan keyboard lintas perangkat (iPad dan Mac). Jadi kita bisa memindah kursor dari layar iPad ke MacBook. Tidak hanya itu, kita juga bisa memindah obyek dari perangkat satu ke yang lain. Asiknya, perangkat itu tetap independen, tidak berlaku sebagai monitor eksternal.

Craig Federighi memberikan demo yang keren dalam presentasi Universal Control di presentasi WWDC 2021.

Spatial Audio

Kelihatannya Apple benar-benar terobsesi dengan teknologi Spatial Audio. Spatial Audio akan memberikan efek ruang dan mengantar suara pada kita dengan arah sumber suara realistis. Teknologi ini hadir di berbagai fitur aplikasi,seperti di FaceTime dan Apple Music.

Di FaceTime, suara pembicara akan seolah-olah muncul dari jendela si pembicara itu berada. Ini akan memberikan kesan kita ngobrol sebenarnya (dengan arah suara berbeda). Di Apple Music, kita akan merasa dikelilingi oleh musik tersebut saat memutar lagu (pelanggan Apple Music atau Apple One sudah bisa mencobanya).

SharePlay

Sekilas fitur SharePlay mungkin terlihat biasa saja. Ya, kamu bisa nonton film atau dengan musik bareng dengan tampilan picture-in-picture. Lalu apa yang istimewa?

Menariknya, misalnya saat kamu memakai SharePlay di iPhone dan mendekati Apple TV, kamu bisa memindah layar tontonan ke TV dan tetap ngobrol dengan FaceTime di iPhone. Sentuhan kecil yang menarik.

SharePlay (sumber: Apple)

Music di Memories Aplikasi Photos

Fitur Memories di aplikasi Photos akan mendapat integrasi lagu dari Apple Music (bagi kamu yang berlangganan). Nantinya, kamu bisa mengumpulkan foto dan video keren dalam satu Memory dan menambahkan lagu di dalamnya. Momen spesialmu punya soundtrack sendiri!

Serunya, kalau kamu mengganti tampilan visual memori tersebut, lagu dari Apple Music pun akan berganti menyesuaikan mood yang nampak. That’s cool.

Memory Mixes (sumber: Apple)

Siri Offline

Hm, ya… Siri mungkin bukanlah asisten virtual paling hebat. Toh Apple memberikan sentuhan tersendiri untuknya. Siri bisa berfungsi offline (tanpa internet) dari dalam perangkat. Lho apa menariknya?

Pertama, proses yang kamu lakukan bisa lebih cepat. Karena pengaturan di dalam iPhone berjalan di dalam perangkat. Kedua, kamu punya privasi yang lebih. Yah, sebelum ini sempat ada kontroversi soal pihak ketiga mendengarkan obrolan lewat asisten virtual. Jadi hal ini memang menarik.

Demo Siri offline (sumber: Apple)

Tab di Safari

Safari mungkin bukanlah browser paling populer. Namun harus kita akui kalau perubahan desain browser Safari memang asik.

Biasanya, kotak alamat berada di bawah tab. Di Safari terbaru, kotak alamat bergabung menjadi satu dengan tab yang aktif, dengan tab situs lain berada di sampingnya. Hasilnya, tampilan jadi lebih ringkas dan juga terlihat cool.

Tab Safari baru (Sumber : Apple)

Itulah beberapa fitur baru di ekosistem perangkat Apple dari WWDC 2021 yang jadi favorit kami. Mana yang jadi favoritmu?

%d blogger menyukai ini: