APES! Karena COVID-19, Apple Bayar Denda ke Samsung Rp 13,8 Triliun

Apple dibuat ketar-ketir gara-gara COVID-19. Pasalnya karena COVID-19, Apple terpaksa bayar denda ke Samsung sebesar Rp 13,8 triliun.

COVID-19 tidak hanya menjadi momok menakutkan bagi kehidupan ratusan juta orang di dunia. Tapi pandemi ini juga menjadi ancaman terbesar untuk perusahaan teknologi.

Apple salah satunya. Perusahaan ini beberapa kali dibuat ‘ketar-ketir’ karena COVID-19. Apalagi penjualan beberapa produk Apple menurun drastis karena COVID-19.

Salah satu yang mengalami penurunan tajam adalah penjualan iPhone. Imbasnya, Apple harus bayar denda triliuan rupiah ke Samsung.

Sumber Gambar : KoDDOS

Apple Bayar Denda ke Samsung Rp 13 Triliun

Apple sebelumnya telah menjalin kerja sama dengan Samsung. Kerja sama ini dilakukan untuk produksi beberapa seri iPhone.

Seperti yang kita tahu, Apple memesan layar Organic Light-Emitting Diode (OLED) dari Samsung. Dalam perjanjiannya, Apple bakal membeli layar sesuai jumlah tertentu.

Namun karena penjualan iPhone saat ini turun drastis, jadi Apple tidak mungkin membeli layar OLED sebanyak yang dijanjikan. Oleh karena itu, Apple harus membayar denda ke Samsung.

Dikutip dari situs Display Supply Chain Consultants, denda yang harus dibayar Apple sebesar $950 juta. Kalau dirupiahkan, jumlah itu setara dengan Rp 13,8 triliun.

Apple sendiri dikenal punya banyak perjanjikan ‘pembelian minimum’ ke pemasok. Lewat perjanjian ini, Apple berharap harga komponen bisa dipangkas.

Kalau Apple tidak bisa memenuhi pembelian minimum, maka Apple wajib membayar denda ke pemasok. Ya seperti yang terjadi pada kasus Samsung baru-baru ini.

Di sisi lain, 9to5mac mengatakan kalau denda yang dibayar Apple kemungkinan bakal jadi keuntungan bagi Samsung. Denda ini juga bakal menutupi kerugian operasi untuk perangkat layar.

Samsung sendiri mengatakan kalau pendapatan year-on-year Samsung Display turun 7%. Tapi sebaliknya, laba operasi mereka justru naik jadi 23%. Bahkan kenaikannya jauh melebihi ekspektasi.

Sementara itu, ini bukan pertama kalinya Apple membayar denda ke Samsung. Kuartal kedua 2019, Apple juga pernah membayar denda karena alasan yang sama.

%d blogger menyukai ini: