ASUS UX304
ASUS UX304
ASUS UX304

Apple dan iPhone Melemah di Pangsa Pasar Smartphone Dunia

Bagaimana Menyaring Komentar Jahat di Media Sosial?
Anom Penulis

Kabar mengejutkan hadir. Survey menyebutkan kalau posisi Apple turun ke posisi ke-4 di pangsa pasar smartphone dunia. Benarkah iPhone sudah tidak menjadi idaman?

Laporan survey tersebut hadir dari organisasi IHS Markit. Secara umum, mereka menyebutkan kalau penjualan smartphone menurun 3,6% dibanding tahun lalu. Penurunan ini sudah berjalan terus selama 7 kuartal (sejak kuartal ke-3 tahun 2017).

Apple Turun ke Posisi 4

Laporan IHS Markit menyebutkan kalau Apple mengalami penurunan sebanyak 14,6%. Apple “hanya” menjual 35,3 juta iPhone di kuartal kedua 2019, dibandingkan 41,3 juta unit pada tahun lalu.

OPPO-lah yang berhasil merebut posisi ketiga dari tangan Apple. Mereka berhasil menjual 36,2 juta unit smartphone pada kuartal ke-2 tahun 2019.

Yang menarik, Huawei, yang mendapat terpaan badai besar dari blacklist Amerika, berhasil bertahan di posisi kedua. Walau mereka mengalami penurunan di pasar global, Huawei bisa menggantinya dengan penjualan di Cina. Tentu karena sentimen terhadap produk Amerika (dalam hal ini iPhone).

apple turun posisi 4
Laporan IHS Markit

Tapi benarkah seperti itu? Mungkin ada baiknya kita melihat laporan lain.