Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Apple Headset Mixed Reality Punya Fitur Pemindai Iris, Banyak Kamera, dll

headset vr apple reality
Indri Penulis

Apple headset mixed reality kabarnya punya fitur pemindari iris. Headset ini dengar-dengar juga akan dibekali banyak kamera nantinya.

Apple memang telah lama digosipkan bikin headset VR, bahkan gosipnya sudah beredar sejak tahun 2021. Tapi baru di bulan Agustus 2022, kejelasan soal headset tersebut mulai terlihat.

Pada bulan Agustus, Apple resmi mengajukan 3 merek dagang untuk headset VR. Apple memasukkan “Reality” dalam nama dan merek headset mixed reality (campuran VR dan AR) yang telah lama dikabarkan.

Oktober ini muncul bocoran terbaru soal headset realitas campuran Apple. Bocoran kali ini berasal dari situs The Information (via 9to5mac).

Bocoran Fitur Apple Headset Mixed Reality

Dalam laporannya, The Information mengatakan bahwa Apple headset mixed reality akan menyajikan banyak fitur. Contohnya seperti fitur otentikasi biometrik, tampilan unik, dibuat menggunakan bahan premium, dan masih banyak lagi.

Lebih lanjut, sumber tersebut menjelaskan cara kerja metode otentikasi biometrik headset realitas campuran. Headset tersebut akan memindai iris mata pengguna. Hal ini diklaim bisa mempermudah pengguna saat mau ganti akun dan juga mengotorasi pembayaran, tanpa perlu menggunakan password.

Kamera pemindai iris di dalam headset ini juga bisa memberikan pengalaman menonton yang lebih bagus. Pasalnya kamera ini digadang-gadang bisa mendukung proses rendering foveated. Sehingga pengguna dapat merasakan penampakan gambar fidelitas tertinggi, tanpa khawatir membebani kinerja SoC headset.

Tidak hanya itu, rendering foveated juga membuat apa yang dilihat mata benar-benar bisa berkualitas tinggi. Sedangkan gambar di sekitarnya akan ditampilkan dalam fidelitas yang lebih rendah. Tentunya ini adalah solusi yang nggak cuma cerdas, tapi juga efisien.

Sementara itu kalau dari segi desain, headset ini kabarnya akan berbeda dari Meta Quest Pro yang baru-baru ini diumumkan. Walaupun desain Meta Quest Pro terlihat bagus, tapi semua bahannya terbuat dari plastik. Sedangkan headset Apple akan terbuat dari aluminium dan kaca. Ini akan membuat headset Apple jauh lebih ringan dengan kesan premium.

Baca Juga:  Apple Gandeng LG Bikin iPad dan MacBook dengan Layar OLED Lipat

Laporan tersebut juga mengklaim bahwa area visor depan headset akan dilapisi kain mesh. Pamakaian kain mesh pada headset reality sangat jarang atau mungkin hampir belum pernah ada. Jadi kita benar-benar bisa berharap tampilan headset Apple bakal lebih unik.

Terakhir, The Information mengungkapkan kalau headset Apple kemungkinan akan pakai banyak kamera (gosipnya sampai 12 kamera). Headset ini kabarnya juga akan menampilkan layar beresolusi tinggi, dan akan ditenagai chip yang mirip dengan laptop MacBook terbaru Apple.

Gosip Headset Realitas Apple dari Waktu ke Waktu

Headset VR Appe pertama kali digosipkan sejak tahun 2021. Dari gosip tersebut, kabarnya headset Apple akan rilis pada Q4 2022. Menariknya, headset tersebut gosipnya punya daya komputasi yang setara dengan Mac.

Lanjut di bulan April 2022. Apple kabarnya telah mempersiapkan ‘rOS’ atau ‘realityOS’ untuk headset VR-nya. Bahkan sistem operasi khusus tersebut kabarnya akan diumumkan dalam acara WWDC 2022.

Sumber: XDA-Developers

Lalu seperti yang sempat saya singgung sebelumnya, Apple kedapatan mengajukan merek dagang pada bulan Agustus 2022. Mereka dagang dengan embel-embel ‘Reality’ itu ditujukan buat headset VR mereka.

Tiga pengajuan terpisah menunjukkan merek dagang untuk “Reality One,” “Reality Pro” dan “Reality Processor.” Ketiga nama tersebut tampak sangat cocok dengan “realityOS” atau “rOS.”

Sebelumnya, nama tersebut pernah muncul dalam kode Apple dan pengajuan merek dagang beberapa bulan lalu. realityOS juga jelas mengacu pada sistem operasi yang akan digunakan headset nantinya.

Ada kemungkinan kalau “Reality One” akan menjadi nama perangkat itu sendiri. “Reality Pro” akan menunjukkan versi headset dengan fitur yang lebih unggul. Lalu “Reality Processor” mungkin merujuk pada unit pemrosesan headset yang rumornya adalah chip M2.

Baca Juga:  Cara Mengatur Lock Screen iOS 16 Baru iPhone

Terakhir, Apple headset mixed reality kabarnya akan dibanderol dengan harga $2.000 sampai $3.000. Untuk waktu perilisannya, kabarnya akan digelar pada tahun 2023. Wah, jadi penasaran, kira-kira bakal seperti apa sih bentuk headset realitas campuran besutan Apple?