Apple Resmi Hentikan Proses Produksi iPhone 12 Mini

Setelah penjualannya loyo, Apple kabarnya telah resmi menghentikan proses produksi iPhone 12 Mini. Siap-siap katakan selamat tinggal!

Upaya Apple dalam menghidupkan pasar ponsel kecil lewat iPhone 12 Mini tampaknya tak berhasil. Meski masuk dalam jajaran ponsel flagship, nyatanya pamor iPhone 12 Mini masih kalah jauh dibanding saudara-saudaranya yang lain (iPhone 12 non-Mini).

Hal ini dibuktikan dengan buruknya laporan penjualan iPhone 12 Mini (ponsel ini cuma menyumbang 5% dari total penjualan iPhone 12 Series). Imbas dari masalah itu, Apple beberapa bulan lalu gosipnya bakal menghentikan produksi iPhone 12 Mini.

Sekarang ada laporan baru dari perusahaan riset Taiwan, TrendForce, yang mengungkapkan kalau raksasa Cupertino itu telah resmi mengentikan proses produksi iPhone 12 Mini. Itu artinya, di masa depan kita tak akan pernah melihat lagi iPhone 12 Mini dijual secara bebas.

Apple diperkirakan akan fokus mendorong penjualan tiga model non-mini dari seri iPhone 12, mengingat fakta bahwa iPhone 12 Mini (yang mencapai End-of-life lebih awal di 2Q21) mengalami kinerja penjualan yang mengecewakan dibanding model lain dalam seri iPhone 12,” tulis laporan tersebut.

Seperti yang dibilang laporan tersebut, si kecil (iPhone 12 Mini) memang tak memiliki kinerja sebaik saudaranya yang lebih besar, katakanlah seperti iPhone 12 dan iPhone 12 Pro. Misalnya, spesifikasi ponsel tersebut yang semini bodinya (terutama dalam hal baterai).

Faktor-faktor itulah yang bikin orang-orang lebih memilih model iPhone 12 yang lebih besar. Selain itu, bentuk iPhone 12 yang lebih besar juga lebih kekinian (sekarang trend-nya ponsel berukuran besar, bukan kecil seperti dulu).

Jadi dengan adanya alasan-alasan tersebut, rasanya tak heran kalau Apple memilih menghentikan produksi si kecil.

Sementara itu, iPhone 12 Mini meluncur bersamaan dengan iPhone 12, iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max. Sesuai bentuknya, ponsel ini dirancang buat orang-orang yang lebih suka ponsel kecil tanpa menghilangkan kualitas dan kinerja kameranya.

Ponsel ini dibanderol dengan harga mulai dari $699, lebih murah dari iPhone 12 yang dijual  seharga $799. Apple bahkan sempat merilis varian warna Purple yang cantik untuk iPhone 12 Mini, April lalu.

Tapi yah.. mau seperti apa pun upaya Apple buat mendongkrak popularitas iPhone 12 Mini, rasanya masih tak berhasil deh. Ya nggak sih?

Nah, buatmu yang masih ingin mendapatkan iPhone 12 Mini, Apple saat ini (saat artikel ini ditulis) masih punya stok iPhone 12 Mini di situs resminya. Mereka akan tetap dijual sampai stok terakhir.

%d blogger menyukai ini: