iPhone 12 Mini Ketahuan Punya Kapasitas Baterai Yang… Mini

iPhone 12 jadi perbincangan karena tidak menyertakan charger dan Earpods, serta memperkenalkan MagSafe. Kini bahan perbincangan bertambah seiring hadirnya informasi kapasitas baterai iPhone 12 Mini.

Apple memperkenalkan banyak hal baru ketika mengumumkan jajaran iPhone 12. Salah satunya termasuk varian baru iPhone 12 Mini, layar berlapis kristal keramik, sistem pengisi daya magnet MagSafe, atau fitur kamera canggih.

Tapi ada satu hal yang tidak Apple bicarakan, yaitu kapasitas baterai.

Berapa Besar Baterai iPhone 12?

Nah, berita terbaru menyebutkan kalau smartphone buatan Apple itu mendapat persetujuan distribusi dari pemerintah Brazil. Di dalam dokumen persetujuan itu terdapat informasi soal berapa besar kapasitas baterai generasi terbaru iPhone itu.

Dokumen itu menyatakan kalau kapasitas baterai iPhone 12 Mini adalah 2227mAh. Sedangkan kapasitas iPhone 12 sedikit lebih besar, yaitu 2815mAh.

informasi baterai iphone 12 mini
gambar: MacRumors

Pemerintah Brazil juga memberikan persetujuan untuk iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max. Namun tidak menyebutkan kapasitas baterai kedua smartphone itu.

Selain itu, sesuai pengumuman Apple, semua jajaran iPhone 12 yang akan hadir di Brazil akan mendukung jaringan 4G dan sub-6GHz 5G. Memang, dukungan mmWave yang menjadi kategori 5G tercepat baru tersedia di Amerika Serikat.

Tradisi Baterai Kecil

Sejak dulu, Apple memang jarang β€” atau malah tidak pernah β€” menyebut secara pasti berapa besar kapasitas baterai iPhone dalam pengumumannya.

Lalu, iPhone sendiri jarang memiliki kapasitas baterai yang besar. Sebagai contoh, iPhone 11 Pro Max, sebagai varian paling canggih tahun lalu, hanya memiliki baterai berkapasitas 3969mAh. Cukup jauh bila kita bandingkan dengan Samsung Galaxy S20 Ultra 5G yang punya baterai 5000mAh.

Perdebatan soal ini juga cukup panjang. iPhone sering disebut memiliki efisiensi pemakaian daya yang tinggi berkat chipset mereka yang canggih. Lalu, mereka pun mengembangkan perangkat lunak khusus untuk perangkat keras mereka sendiri.

Di sisi lain, masa lalu juga membuktikan kalau pengguna iPhone sangat dekat dengan kebutuhan mengisi daya. Tentu saja, hal ini juga tergantung pada pola pemakaian smartphone masing-masing orang.

Anyway, Apple menjanjikan iPhone 12 Mini mampu bertahan 15 jam untuk pemutaran video standar, sampai 10 jam untuk streaming video, dan sampai 50 jam untuk pemutaran audio.

Sementara iPhone 12 dan iPhone 12 Pro disebut mampu menjalankan 17 jam pemutaran video standar, 11 jam streaming video, dan 65 jam pemutaran audio. Lalu iPhone 12 Pro Max mampu bertahan 20 jam untuk pemutaran video standar, 12 jam untuk streaming video, dan 80 jam pemutaran audio.

Yah, bagaimana efisiensi baterai iPhone 12 mini ini kiranya hanya waktu dan pengguna yang bisa membuktikan.

%d blogger menyukai ini: